Senin 29 Oct 2018 15:17 WIB

Baznas Gandeng Lotte Grosir Bantu UKM Karawang

UKM yang dijalankan Penerima manfaat akan menjadi Z-Mart.

Rep: Novita Intan/ Red: Dwi Murdaningsih
 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggandeng Lotte Grosir untuk membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) di Karawang, Jawa Barat.
Foto: baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggandeng Lotte Grosir untuk membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) di Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggandeng Lotte Grosir untuk membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) di Karawang, Jawa Barat. Bantuan diberikan dalam bentuk satu unit rombong usaha, modal usaha, dan paket pendampingan usaha.

Bantuan secara simbolis diserahkan kepada tiga mustahik, yakni Sahrul Ramadhan, Fahri Fahdhallah dan Nining Suryaningsih yang turut hadir dalam acara tersebut. UKM yang dijalankan ketiganya akan menjadi Z-Mart.

Z-Mart adalah sebuah minimarket yang dibiayai dengan dana zakat, infak dan sedekah dengan memiliki konsep pemberdayaan bagi kalangan kurang mampu, baik para pedagang maupun pembelinya. Z-Mart kini telah berdiri di berbagai kota, baik di Sumatera maupun Jawa.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Mohd Nasir Tajang mengatakan program donasi pelanggan Sedekah Bikin Untung merupakan program penggalangan dana dari pelanggan Lotte Grosir melalui kasir. Pelanggan dapat berdonasi dengan cara mendonasikan sisa kembalian belanja atau pun menambahkan nominal donasi khusus.

Bukan hanya di Karawang, donasi yang terkumpul telah membantu UKM di berbagai wilayah. “Program ini menunjukkan tingginya partisipasi masyarakat dalam membantu mustahik mendapatkan penghidupan yang lebih baik,” ujarnya dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id, Senin (29/10).

Sementara Presider Direktur Lotte Grosir, Joseph Buntara menambahkan donasi yang digunakan untuk membantu para mustahik ini diperoleh melalui program donasi pelanggan Sedekah Bikin Untung yang diluncurkan Lotte Grosir bersama Baznas pada 2016. Lotte Grosir kini telah memiliki 30 tokose-Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement