Senin 22 Oct 2018 08:09 WIB

Kiai Ma'ruf: Fikih Bisa Selesaikan Konflik

Kiai Ma'ruf mengaku juga kerap menjadikan kitab fikih sebagai referensi bacaannya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah
Calon Wakil Presiden nomor urut 1 KH Ma'ruf Amin
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Calon Wakil Presiden nomor urut 1 KH Ma'ruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Sebagai ulama, KH Ma'ruf Amin tentunya memiliki bacaan referensi yang berbeda dengan tokoh-tokoh pada umumnya. Selain kitab tafsir dan hadits, Kiai Ma'ruf mengaku juga kerap menjadikan kitab fikih sebagai referensi bacaannya.

Fiqih adalah ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia. Baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Tuhannya.

Baca Juga

"Sebagai Kiai tentu refrensinya tentu Tafsir, Hadits, terutama Fiqih. Karena Fiqih itu sifatnya solusi. Fiqih itu bisa memberi solusi problem-problem," ujar Kiai Ma'ruf saat berbincang santai dengan awak media, termasuk Republika.co.id di Tasikmalaya, Ahad (21/10) malam.

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 ini mengatakan, dia sering membaca kitab Fikih karena juga bisa menyelesaikan persoalan-persoaln konflik. Selain Fikih, Kiai Ma'ruf juga mengaku sering membaca buku-buku politik dan ekonomi.

"Solusi Fikih sering bisa selesaikan persoalan konflik yang terjadi. Selain itu tentu buku-buku politik, ekonomi," kata Kiai Ma'ruf.

Selain mengungkapkan kitab atau buku yang menjadi referensinya, Kiai Ma'ruf juga menceritakan ketertarikannya pada film. Namun, Kiai Ma'ruf mengaku lebih suka dengan film yang menceritakan tentang perjuangan dan penyelesaikan konflik. “Bagaimana perjuangan, bagaimana menyelesaikan konflik, itu yang menjadi perhatian saya,” jelas Kiai Ma'ruf.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement