Senin 08 Oct 2018 19:01 WIB

TKI Asal Sukabumi Urus Visa di VFS TasHeel Jakarta

Visa ke Saudi tak hanya diurus oleh calon jamaah umrah tapi juga TKI yang bekerja.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Andi Nur Aminah
Perekaman biometrik (ilustrasi)
Foto: dok. Humas Kemenag Sumsel
Perekaman biometrik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wulan (45), salah satu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sukabumi mendatangi VFS TasHell Epiwalk, Rasuna Said, Jakarta Selatan untuk memperpanjang visa. Ia akan kembali bekerja ke Arab Saudi setelah cuti selama sembilan bulan berada di Indonesia.

"Majikan saya di Arab bilang harus memperpanjang visa dulu di Jakarta," ujar Wulan ditemui Republika.co.id di depan Kantor VFS TasHell Epiwalk, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (8/10).

Ia diantar empat orang saudaranya berangkat dari Sukabumi dini hari, tepatnya pada pukul 03.00 WIB. Mereka sampai di Jakarta pukul 09.00 WIB. Tetapi baru sampai di Epiwalk sekitar pukul 11.00 WIB.

Namun, Wulan mengaku belum bisa menyelesaikan visanya karena persyaratan yang belum terpenuhi. Ia diminta pihak VFS TasHeel untuk memenuhi persyaratan yakni iqomah (tanda pengenal resmi) dari Arab Saudi dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). "Belum selesai (pembuatan visa) harus melengkapi persyaratannya dulu, disuruh lengkapi iqomah dari Arab Saudi sama KTP," kata dia.

Wulan pun harus pulang kembali ke Sukabumi. Ia harus melengkapi persyaratannya yang diminta pusat pelayanan visa itu. Setelah lengkap, ia akan kembali ke VFS TasHell Epiwalk, Rasuna Said, Jakarta Selatan untuk mengurus perpanjangan visanya. "Karena saya memang butuh bagaimana. Walaupun jauh juga didatangi saja ke sini karena disuruh mengurus (visa) di sini," tutur Wulan.

Sementara, tujuh orang calon TKI asal Semarang juga mendatangi VFS TasHell Epiwalk, Rasuna Said, Jakarta Selatan. Mereka mengurus visa untuk bekerja di Riyadh, Arab Saudi. Pria yang mengantarkan mereka mengatakan, perusahaan yang mengurus kepergian ke Arab memerintahkannya mengurus visa di Jakarta.

Selain itu, Suraya (33) warga Cijantung, Jakarta Timur juga mengantarkan enam orang calon TKI yang akan bekerja di Arab Saudi. Menurut dia, keenam orang itu berasal dari daerah di luar Jakarta. Ia mengaku, keenam calon TKI telah tiba di VFS TasHell Epiwalk sejak pukul 09.00 WIB. Akan tetapi, baru selesai proses pengajuan visa sekitar pukul 13.00 WIB.

Untuk diketahui, ada beberapa tahapan pemohon visa yang harus dilalui. Dilansir dari website VFS TasHeel, pemohon visa harus mengunjungi www.vfstasheel.com dan membuat janji bertemu secara online terlebih dahulu. Pemohon yang tiba di Pusat Layanan Visa sesuai dengan janji bertemu. Semua dokumen yang diperlukan akan diperiksa pada penerimaan.

Kemudian, tanda diberikan dan pemohon dipandu ke tempat menunggu. Pemohon meneruskan ke konter penyerahan untuk melakukan pembayaran, menyerahkan dokumen dan, menyelesaikan pengisian formulir Enjaz.

Jika berlaku, pemohon meneruskan ke konter pendaftaran biometrik untuk mengambil gambar wajah dan scan sidik jari. Setelah itu, VFS TasHeel menyerahkan paspor asli bersama dengan dokumen pendukung ke Misi atau Konsul untuk pemrosesan visa. Terakhir, pemohon kembali untuk mengambil paspor pada waktu dan tanggal yang ditentukan VFS TasHeel.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement