Jumat 07 Sep 2018 17:41 WIB

Keutamaan Berzikir kepada Allah

Kajian dari Relawan di Salatiga

zikir
Foto: rep
zikir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Berdaya Dukuh, Ustaz Dwi Pujiyanto menjadi penceramah dalam pengajian Majelis Taklim Ibu-ibu Masjid Nurul Islam Perumahan Griya Dukuh Asri Salatiga, Ahad (2/9). Pengajian majelis taklim ini sudah berjalan rutin setiap hari Ahad pekan pertama dan ketiga.

Kegiatan yang diikuti oleh jamaah ibu-ibu warga Muslim RW 09 Kelurahan Dukuh ini digelar di Masjid Nurul Islam dan dimulai setiap pukul 16.00 WIB. Dalam kesempatan sore itu, Ustaz Dwi Pujiyanto, relawan Inspirasi Rumah Zakat menyampaikan, tausiyah tentang keutamaan berzikir kepada Allah SWT.

Ia memulai dengan membacakan surah al-Baqarah ayat 152 yang artinya Dan, berzikirlah (ingatlah) kamu kepada-Ku, niscaya Aku pun akan senantiasa mengingat kalian. (QS al-baqarah: 152).

Lewat keterangan tertulis kepada Republika dia juga menyampaikan, sebuah ayat yang menerangkan betapa besar pahala yang akan didapat oleh seorang Muslim mana kala senantiasa berzikir kepada Allah SWT dalam setiap kondisi dan kesempatan. Orang-orang yang banyak berzikir kepada Allah, baik laki- laki maupun perempuan, maka Allah sediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang sangat besar.(QS al-Ahzab:35).

Tak lupa, Ustaz Dwi menyampaikan beberapa hadis Rasulullah SAW tentang keutamaan berzikir kepada Allah. Salah satu hadis yang disampaikan, Siapa yang bertasbih setelah setiap shalat tiga puluh tiga (kali) dan bertahmid tiga puluh tiga (kali) dan bertakbir tiga puluh tiga (kali). Itu (semua) adalah sembilan puluh sembilan lalu ia berkata menggenapkan seratus (dengan mengucapkan) La ilaha illallahu wahdahu la syarika lahu lahul mulku walahul hamdu wa huwa `ala kulli syain qadir,maka akan diampuni dosa- dosanya walaupun seperti buih lautan.(HR Muslim).

Ia mengajak kepada jamaah majelis taklim, dengan adanya banyak keterangan mengenai keutamaan berzikir kepada Allah tersebut, sudah seharusnya setiap Muslim beristiqamah melanggengkan ibadah berzikir kepada Allah. Seorang Muslim harus senantiasa mensyukuri nik mat- Nya, menyucikan asma-Nya, dan mengagungkan nama-Nya baik dalam keadaan berdiri, duduk, ataupun berbaring.

Menurut Ustaz Dwi, sungguh merugi dan na?f apabila seorang muslim enggan menunaikan shalat dan tidak mau berzikir kepada Allah. Padahal, Allah senantiasa memberikan karunia dan nikmat yang sangat banyak kepada manusia bahkan nikmat tersebut tidak bisa dihitung karena begitu banyaknya.

Ibu-ibu, jamaah pengajian, marilah senantiasa membasahi lisan kita dengan berzikir kepada Allah.Sudah cukup banyaklah penjelasan mengapa kita harus senantiasa berzikir kepada Allah baik dari Alquran maupun hadis. Semoga kita termasuk hamba-Nya yang terjaga selalu berzikir kepada Allah dan terhindar dari perilaku sombong dan kufur terhadap nikmat yang selalu Allah berikan kepada kita, ajak dia.

Ibu Hj Siti Latifah, selaku Ketua Majelis Taklim Ibu-ibu Masjid Nurul Islam menyampaikan terima kasih kepada Ustaz Dwi Pujiyanto dari Rumah Zakat yang telah memberikan tausiyah dan mem bimbing jamaah ibu-ibu dalam men dalami pelajaran agama. Ia berdoa semoga apa yang diberikan oleh Rumah Zakat bermanfaat bagi ibu-ibu dan menjadi amal saleh bagi Ustaz Dwi Pujiyanto.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement