Kamis 30 Aug 2018 17:21 WIB

Ponpes Ini Gelar Zikir 76 Jam Nonsetop

Makna zikir nonsetop ialah upaya mendekatkan diri kepada Allah.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ani Nursalikah
Dzikir (ilustrasi)
Foto: Andrew Biraj/Reuters
Dzikir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Anggota Thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah (TQN) Suryalaya-Sirnarasa dari sejumlah daerah mengikuti zikir akbar di kaki Gunung Sawal, Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Kamis, (30/8). Zikir tersebut direncanakan berlangsung selama 76 jam nonsetop sejak kemarin hingga 1 September.

Ketua panitia Habib Anwar Alqodiri mengatakan agenda zikir akbar merupakan perayaan milad Syekh Muhammad Abdul Gaos SM (Abah Aos) yang ke-76. Zikir selama tiga hari nonsetop ini baru pertama kali di TQN Pesantren Sirnarasa.

"Makna zikir nonsetop ialah upaya mendekatkan diri dengan berzikir kepada Allah tanpa putus selama 76 jam. Kecuali saat melaksanakan shalat wajib dan amaliyah mursyid," katanya pada wartawan.

Pesantren Sirnarasa Panjalu terletak di kaki Gunung Sawal. Alhasil, cuaca di sekitar Ponpes selalu sejuk sejak didirikan sekitar 1970. Pemilihan nama Sirnarasa diberikan oleh Syekh Ahmad Shohibul Wafa Tajul 'Arifin atau Abah Anom.

Anwar mengatakan pesantren tersebut menerapkan sistem pengajian mulai kelas satu hingga empat dengan berbagai kitab kuning. Santrinya datang dari berbagai daerah di pulau Jawa dan luar Jawa.

"Mereka di sini untuk menjadi pribadi yang saleh secara vertikal dan horizontal. Menyongsong masa depan dengan keyakinan yang teguh dengan menjadi manusia yang cageur bageur lahir batin. Turut pada perintah agama dan negara," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement