Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Menag Ajak Umat Shalat Ghaib untuk Korban Gempa Lombok

Senin 06 Agu 2018 07:56 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin memberikan sambutan saat peluncuran Jam Kesehatan Haji Indonesia di RS Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (19/4).

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin memberikan sambutan saat peluncuran Jam Kesehatan Haji Indonesia di RS Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (19/4).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Shalat ghaib berjamaah akan digelar di Kantor Kementerian Agama hari ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR) kembali mengguncang di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Ahad (6/8). Gempa susulan ini mengakibatkan 82 orang wafat dan tidak sedikit yang mengalami luka.

Menteri Agama lukman hakim saifuddin mengajak umat beragama untuk berdoa bersama untuk keselamatan, kesabaran, dan ketabahan masyarakat NTB dan Bali yang mengalami dampak buruk dari peristiwa alam tersebut. Khusus kepada umat Islam, Lukman mengajak untuk melaksanakan shalat ghaib

"Khusus kepada umat Islam, mari kita lakukan shalat ghaib untuk para korban wafat," ujar Lukman dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id di Jakarta,  Senin (06/08).

Selain itu, Lukman juga mengajak masyarakat untuk menggalang bantuan guna meringankan beban korban. "Mari kita galang dukungan bantuan dalam bentuk apapun untuk meringankan beban derita yang dialami saudara-saudara kita yang terdampak langsung oleh peristiwa gempa," ucapnya.

Lukman sediri bersama jajarannya dijadwalkan akan menggelar shalat ghaib berjamaah di Kantor Kementerian Agama. Dia juga telah meminta jajarannya untuk turut aktif membantu korban gempa . "Saya minta kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi dan para Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota di wilayah Nusa Tengga Berat beserta jajarannya untuk proaktif dalam membantu penanganan korban gempa," kata Lukman.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA