Sabtu 09 Jun 2018 10:44 WIB

Menteng Muslim Center Salurkan Paket Lebaran ke Panti Asuhan

Kemiskinan dan kesenjangan adalah masalah yang membutuhkan pikiran dan kerja bersama.

Founder Menteng Muslim Center Arief Rosyid Hasan membagikan paket Lebaran ke anak-anak Panti Asuhan Chairunnisa, Jakarta, Jumat (8/6).
Founder Menteng Muslim Center Arief Rosyid Hasan membagikan paket Lebaran ke anak-anak Panti Asuhan Chairunnisa, Jakarta, Jumat (8/6).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pengajian Menteng Muslim Center menggelar buka bersama dan santunan anak yatim di Panti Asuhan Chairunnisa di Jalan Sawo Saharjo, Manggarai Selatan, Jakarta Pusat. Pada kesempatan itu juga disalurkan sejumlah paket sembako Lebaran ke pihak panti. 

Founder Menteng Muslim Center Arief Rosyid Hasan mengatakan Menteng Muslim Center sebagai yayasan yang konsen terhadap masalah umat dan bangsa tidak hanya aktif dalam pengajian, tapi juga turun langsung ke tengah-tengah masyarakat. "Dalam Alquran, ada puluhan penggunaan kata yatim dan selalu merujuk pada kemiskinan. Mereka yang dalam golongan ini, perlu perhatian dan rasa tanggung jawab dari kita semua," kata Arief, Jumat (8/6).

Arief menukil terjemahan dalam Surah Al Ma’un ayat 1-7 yang artinya, “Tahukah kamu orang yang mendustakan agama itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak memberi makan orang miskin, maka celakalah bagi orang-orang yang sholeh yaitu orang-orang yang lalai dari sholatnya, orang-orang yang berbuat riya dan enggan menolong dengan barang berguna”.

Menurut Arief, kemiskinan dan kesenjangan adalah masalah yang membutuhkan pikiran dan kerja bersama dari semua pihak. Arief yang juga mantan ketua umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PBHMI) ini mengaku memiliki sejumlah kenangan dengan Panti Asuhan Chairunnisa sejak merantau di Jakarta. "Tahun 2010, saya pertama numpang kosan senior di Jalan Sawo Saharjo Jakarta dan tahu kalau ada panti asuhan ini. Sejak saat itu, setiap milad, ada hajatan, maupun ketika anak saya sudah di kandung istri, tempat pertama yang saya ingat untuk berbagi adalah panti asuhan ini," ungkapnya.

Perwakilan Panti Asuhan Chairunnisa, Romlah, pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih seraya mengajak anak-anak panti berdoa untuk kesuksesan para pendiri dan penggiat pengajian Menteng Muslim Center.  "Semoga sukses apa yang dicita-citakan," ujar Romlah.

Pengajian Menteng Muslim Center yang bertempat di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini digelar sebulan sekali yang digagas alumnus program pertukaran pemimpin muda International Visitor Leadership Program (IVLP) ke Amerika dengan tema "Civil Society in Muslim Communities" selama 3 minggu pada Mei 2016.

Mereka adalah delapan pemuda-pemudi Muslim Indonesia, yakni Afri Darmawan (KAMMI Medan), Marzuki (pemimpin Pondok Pesantren Al Barokah, Klaten), Muhammad Milkhan (koordinator Kiai Muda Jateng), Anggia Ermarini (ketua umum PP Fatayat NU), Muhammad Fakhruddin (ketua bidang Hubungan Luar Negeri PP Pemuda Muhammadiyah 2015-2018), Yusuf Daud Risin (Sufi Centre Surabaya), Muhammad Arief Rosyid (mantan ketua umum PB HMI), dan Andriyana (mantan ketua umum PP KAMMI).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement