Rabu 06 Jun 2018 09:31 WIB

Baznas Sleman Fokus Entaskan Kemiskinan

Ada enam program unggulan yang disiapkan guna mengentaskan kemiskinan di Sleman.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agung Sasongko
Baznas
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sleman fokus pada upaya-upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sleman. Ada enam program unggulan yang disiapkan.

"Meliputi Sleman Sehat, Sleman Produktif, Sleman Cerdas, Sleman Membangun, Sleman Peduli dan Sleman Taqwa," kata Ketua Baznas Kabupaten Sleman, Kriswanto, beberapa waktu lalu.

Ia menekankan, mustahik dari semua golongan asnaf atau yang berhak menerima zakat bisa mengakses program-program unggulan tersebut. Baik itu fakir, miskin, riqab, mualaf, fisabilillah, ibnu sabil, dan amil zakat.

Kriswanto menerangkan, enam program unggulan itu sendiri memiliki peruntukannya masing-masing. Sleman Produktif misalnya, merupakan bantuan yang terkait dengan kewirausahaan.

Bantuan yang diberikan berupa modal usaha maupun sarana dan prasarana yang menunjang usaha. Sleman Sehat, merupakan bantuan yang diperuntukkan bagi mereka yang berhak menerima zakat dan tengah memerlukan bantuan kesehatan.

"Lebih diutamakan bagi mereka yang memiliki tunggakan biaya perawatan rumah sakit," ujar Kriswanto.

Sleman Cerdas, merupakan bantuan berupa beasiswa kepada siswa-siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu. Sleman Membangun, merupakan bantuan yang diberikan dengan melakukan pembangunan bagi rumah-rumah yang tidak layak huni.

Sedangkan, Sleman Peduli merupakan bantuan yang diperuntukkan bagi korban bencana. Menurut Kriswanto, bantuan yang dihimpun Baznas Kabupaten Sleman diberikan setiap bulan kepada para mustahik.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang berminta mengakses atau mendapatkan bantuan tersebut untuk bisa mengajukan proposal. Proposal ditujukan kepada Ketua Baznas Kabpaten Sleman dan diketahui Kantor Urusan Agama dan Kecamatan setempat.

"Setiap proposal yang dikirimkan akan diverifikasi oleh petugas Baznas," kata Kriswanto.

Harapannya, enam program unggulan itu benar-benar dapat menyentuh setiap elemen masyarakat yang memang berhak mendapatkan bantuan. Tentunya, jika itu semua dapat berjalan, daya pengentasan kemiskinan yang dilakukan Baznas akan lebih maksimal. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement