Selasa 05 Jun 2018 06:55 WIB

Pembangunan Masjid Terapung Jabar Capai 40 Persen

Masjid Al Jabbar ditargetkan rampung Desember 2019.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan didampingi sejumlah pejabat dan pihak terkait memijit tombol pada acara ground breaking Masjid Raya Al Jabbar Provinsi Jabar yang bisa menampung 60 ribu jamaah dan dibangun terapung di atas danau di Kawasan Gedebage Kota Bandung, Jumat (29/12).
Foto: Republika/Arie Lukihardianti
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan didampingi sejumlah pejabat dan pihak terkait memijit tombol pada acara ground breaking Masjid Raya Al Jabbar Provinsi Jabar yang bisa menampung 60 ribu jamaah dan dibangun terapung di atas danau di Kawasan Gedebage Kota Bandung, Jumat (29/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembangunan Masjid Raya Al-Jabbar atau masjid terapung di kawasan Gedebage hingga minggu ke-23 sejak dibangun pada awal Januari 2018 mencapai 40 persen, masjid seluas 11.238 meter persegi dan luas plaza luar masjid 16.239 meter persegi itu ditargetkan rampung sesuai target pada Desember 2019.

"Tadi disebutkan sama teman-teman kontraktor pembangunan ada pada posisi on schedule. Ini pengerjaannya cepat ya karena kita memantau terus tidak ada minus, kalau hari ini harus 40 persen ya 40 persen jadi tiap harinya persentasenya tepat waktu," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher, di Bandung, Senin (5/6).

Ia pun optimistis, pembangunan tahap pertama atau hingga akhir Desember 2018 akan selesai 100 persen atau 60 persen dari total keseluruhan. "Tahap pertama kan Insyaallah akan selesai 100 persen pada Desember 2018 atau 60 persen dari keseluruhan," ujarnya.

Sisa pembangunan 40 persennya akan diselesaikan di tahun 2019 dan proyek akan kembali di tender, sehingga Aher meminta, untuk percepatan, proyek 2019 agar di tender di tahun 2018.

"Saya minta siapapun nanti pejabat yang bertugas untuk tender 2019 saya minta di tender di 2018 sehingga penyelesainnya bisa tepat waktu," katanya.

Aher meyakini, hadirnya Masjid Raya Al-Jabbar yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Jabar ini akan digunakan untuk kepentingan dan penghambaan kepada Allah SWT serta pembinaan masyarakat untuk lebih baik lagi.

"Insya Allah masyarakat Jabar sudah bisa melihat masjid ini atau sudah kelihatan bentuknya pada Desember 2018," katanya.

Pihak kontraktor Wika Gedung memaparkan proyek Mesjid yang menelan biaya Rp 511 miliar tersebut sudah memasuki tahap pembesian dimana pengecoran fondasi utama ditarget selesai pekan ini.

"Ada pemasangan 100 titik pancang namun sementara kita hentikan karena tengah melakukan pengecoran. Ini tidak boleh ada getaran," kata Aher.

Kontraktor juga memasang tower crane guna memudahkan lalu lintas perpindahan material, rencananya dua tower crane akan dipasang kembali guna makin mempercepat pekerjaan fisik.

Kolam Retensi

Selain pembangunan masjid, di lokasi yang sama juga akan dibangun kolam retensi yang dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum. Aher mengatakan dua proyek ini menjadi konsentrasi Pemprov Jabar mengingat anggaran yang dialokasikan sangat tinggi.

"Kita pantau percepatannya di lapangan mengingat ke depan dua proyek ini akan sangat bermanfaat bagi Jawa Barat," kata Gubernur Aher.

Kolam retensi senilai Rp96 Miliar saat ini menunjukan kemajuan fisik cukup signifikan. Dari laporan pelaksana proyek sampai Mei 2018 realisasi fisik sudah mencapai 60 persen dari target 56 persen.

Pekerjaan kolam yang rencananya akan menjadi pengendali banjir di kawasan tersebut sekaligus penampangan Masjid Raya Al Jabbar tersebut saat ini menurut Aher tengah dikebut lewat penambahan jam kerja.

"Pengerjaannya dilakukan dari berbagai sisi, Alhamdulillah cuaca saat ini sangat mendukung," katanya.

photo
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menunjukan maket pembangunan Masjid Provinsi Jabar Al Jabbar pada Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Dede Rosyada, setelah menandatangani perjanjian pemberian hibah lahan ke UIN di Rumah Dinas Pakuan, Kamis (8/3).

Namun masih ada sekitar 11 bidang lahan dengan luas kurang lebih 4 hektar di lokasi proyek yang saat ini belum dibebaskan dan Aher mengaku pihaknya sudah menyiapkan anggaran sementara pihak Kecamatan Gedebage dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) menuntaskan administrasi pembebasan lahan.

"Targetnya urusan lahan ini bisa selesai bulan ini juga. Tugas kami mendorong pihak BPN dengan data-data pendukung salah satunya salinan surat tembusan permohonan penetapan lokasi kolam retensi Gedebage," katanya.

Dengan kondisi positif ini Aher memastikan proyek yang akan menampung 210.000 meter kubik air ini bisa dituntaskan sesuai jadwal yakni Desember 2018.

"Ada sedikit kendala di lahan tapi kita pasti akan terselesaikan, dananya ada di Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang," ujarnya.

photo
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, melakukan ground breaking Masjid Raya Al Jabbar Provinsi Jabar yang bisa menampung 60 ribu jamaah dan dibangun terapung di atas danau di Kawasan Gedebage Kota Bandung, Jumat (29/12).

Sementara itu, Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar M Guntoro mengatakan proyek yang ditangani pihaknya bekerjasama dengan BBWS Citarum menunjukan perkembangan positif dan diharapkan tuntas akhir tahun. "Mudah-mudahan akhir Desember, kolam dan mesjid tuntas bersama-sama," katanya.

Pada 2018 ini pihaknya sudah menganggarkan Rp100 miliar untuk pembebasan lahan. Namun karena masih ada kebutuhan sisa lahan di proyek kolam retensi dan mesjid terapung maka pihaknya akan menganggarkan di APBD Perubahan 2018.

"Anggaran untuk lahan kurangnya sekitar Rp 33 miliar, nanti akan dianggarkan di perubahan," ujarnya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement