Ahad 03 Jun 2018 15:07 WIB

Sahabat Berbagi Ajak Anak Yatim Piatu Buka Bersama di Hotel

Kegiatan ini memberikan pengalaman yang berbeda bagi anak-anak yatim piatu.

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Yusuf Assidiq
Buka puasa bersama Sahabat Berbagi di Hotel Grand Mercure, Yogyakarta.
Foto: Dokumen.
Buka puasa bersama Sahabat Berbagi di Hotel Grand Mercure, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sekitar 100 anak yatim piatu dan dhuafa dari panti asuhan di Yogyakarta ( Panti Asuhan Sabilun Huda Pakem, Sleman, Panti Asuhan Miftahunnajah Banguntapan, dan Panti Asuhan Umar Bin Khatab Piyungan Bantul) tampak senang dan antusias saat mengikuti acara buka puasa bersama Sahabat Berbagi di Hotel Grand Mercure, Yogyakarta, Jumat (1/6). Buka puasa bersama ini juga dihadiri oleh para donatur.

Kegiatan dimulai dengan shalat Ashar berjamaah, dilanjutkan dengan hibuan pantomim dan tausiyah oleh Ustaz Ahmad Fauzi. Setelah azan Maghrib berkumandang, mereka pun menikmati takjil, shalat Maghrib berjamaah, kemudian berbuka bersama di Piazza Resto Hotel Grand Mercure.

"Konsep buka puasa bersama ini digagas oleh komunitas Sahabat Berbagi berjumlah tujuh orang sejak 2014," kata anggota Sahabat Berbagi, Ewang Sewoko, pada Republika.co.id.

Kegiatan ini, lanjutnya, memberikan pengalaman yang berbeda bagi anak-anak yatim piatu dan dhuafa dengan mengajak mereka berbuka puasa di berbagai resto hotel di Yogyakarta. Tahun ini, lokasinya dipilih di Hotel Grand Mercure.

"Jika biasanya anak-anak hanya buka puasa dengan nasi kotak dan nasi bungkus, Sahabat Berbagi mengajak mereka menyantap berbagai hidangan mewah sesuai kesukaan mereka dengan konsep all you can eat," kata Ewang menambahkan.

Hal itu juga diakui salah seorang perwakilan anak yatim dari Panti Asuhan Sabilun Huda Pakem Sleman. Ia mengatakan anak-anak senang bisa masuk hotel. Biasanya mereka hanya tahu dari luar saja. "Jika bukan undangan dari Sahabat Berbagi, anak-anak tidak akan masuk ke sini dan mereka pertama kali ini masuk ke hotel," ujarnya, 

Setelah makan, kegiatan dilanjutkan dengan shalat Isya, shalat Tarawih berjamaah, serta pemberian santunan berupa uang dan perlengkapan sekolah kepada masing-masing anak dari para donatur. Dana untuk penyelenggaraan kegiatan ini berasal dari para donatur Sahabat Berbagi.

"Animo untuk bersedekah di bulan Ramadhan sangat besar. Sehingga dana dapat terkumpul dengan cepat dan mudah," kata Ewang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement