Kamis 17 May 2018 16:00 WIB

Rumah Zakat Kembangkan Kampung Hidroponik

KAC mendukung sarana produksi, pemantauan dan pendampingan.

  Rumah Zakat Kembangkan Kampung Hidroponik
Rumah Zakat Kembangkan Kampung Hidroponik

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Desa Sumbangjaya yang terletak di Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Jawa Barat adalah salah satu Desa Berdaya yang dibina oleh Rumah Zakat. Berbagai program pemberdayaan digulirkan di Desa Sumbangjaya ini melalui Fasilitator Desa Berdaya yaitu Reno. Program yang digulirkan adalah program pendidikan, pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan kesehatan dan juga lingkungan. Salah satu program pemberdayaan lingkungan sekaligus pemberdayaan ekonomi yang sedang diinisiasi oleh Reno adalah Kampung Hidroponik.

Sebagai langkah awal dari pengembangan Kampung Hidroponik ini, Reno melakukan kerjasama dengan KAC (Kawasan Agroeduwisata Cikundul) yang berada di bawah pengawasan langsung dinas ketahanan pangan. Setelah melalui proses presentasi dan negosiasi akhirnya KAC dapat mendukung pengembangan Kampung Hidroponik dengan menyediakan sarana produksi hidroponik, pemantauan dan pendampingan intensif. Guna  meningkatkan serta menjaga kualitas dan kontinuitas produksi hidroponik dan yang paling penting dalam kerjasama ini adalah pemasaran hasil produksi. 

KAC bersedia menyerap hasil produksi kampung hidroponik Desa Subangjaya dengan harga spesial.  "Alhamdulilah, kerjasama ini menjadi pintu masuk yang lebih mudah untuk semakin memberdayakan ekonomi masyarakat Sumbangjaya," ujar Reno.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement