Sabtu 05 May 2018 14:00 WIB

Pemimpin Berkarakter Harus Dibentuk

Saat ini banyak pemimpin, namun tidak memiliki sifat kepemimpinan.

Rep: Inas Wa/ Red: Agung Sasongko
Eri Sudewo
Foto: Dok Dompet Dhuafa
Eri Sudewo

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Pendiri Dompet Dhuafa dan founder Aksi Cepat Tanggap (ACT), Erie Sudewo menilai Indonesia membutuhkan pemimpin yang berkarakter. Hal ini disampaikannya pada saat memberi pembelakan kepemimpinan bagi aktivis dalam acara Future Leader Camp (FLC) 2018, Jumat (4/5) di Aula Hotel Kusuma Sahid Prince.

 

Ia mengatakan, karakter yang dimaksud adalah kumpulan sifat baik yang tertuang dalam aktivitas sehari-hari. "Indonesia tidak akan pernah maju jika dipimpin oleh pemimpin yang tak berkarakter. Pemimpin yang berkarakter adalah pemimpin yang selesai dengan dirinya sendiri. Sebab jika tidak, maka ia akan sibuk memikirkan apa yang ia dapat, bukan apa yang ia berikan untuk masyarakat," kata Erie.

 

Pemimpin yang berkarakter, menurut Erie tidak serta merta terbentuk, namun mereka harus dibentuk. FLC 2018 merupakan ikhtiar Dompet Dhuafa untuk mempersiapkan pemimpin masa depan Indonesia yang memiliki karakter.

 

"Saat ini banyak pemimpin, namun tidak memiliki sifat kepemimpinan. Salah satu karakter pemimpin adalah harus memiliki perencanaan jauh ke depan dan mengeksekusi rencana tersebut dengan sungguh-sungguh," ujar Erie.

 

Salah satu cara melihat proses kepemimpinan yang baik adalah melihat apa yang diwariskan. Dompet Dhuafa Pendidikan berusaha mewariskan bibit-bibit pemimpin masa depan agar Indonesia kelak menjadi bangsa yang maju karena memiliki pemimpin yang memiliki karakter pemimpin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement