Kamis 03 May 2018 19:01 WIB

Dzikir Sosial Pesantren Masyarakat Jogja Songsong Ramadhan

Kegiatan dikemas dalam pengajian akbar.

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Yusuf Assidiq
Ustaz Puji Hartono.
Foto: Nico Kurnia Jati.
Ustaz Puji Hartono.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pesantren Masyarakat Jogja (PMJ) kembali menggelar agenda rutin berupa Dzikir Sosial. Kegiatan koordinasi nasional yang rutin digelar setiap tiga bulan kali ini mengusung tema 'Songsong Ramadhan Penuh Berkah'.

Pengasuh PMJ, Ustaz Puji Hartono, mengatakan kegiatan yang melibatkan lebih dari tiga ribu peserta itu akan digelar pada Jumat (4/5) malam di PMJ Kersan, Tirtonirmolo, Bantul, DIY. "Kegiatan yang dikemas dalam pengajian akbar itu diisi dengan acara zikir bersama, tausiyah, santunan yatim piatu, serta muhasabah," ujar Kang Puji, sapaan akrabnya, kepada Republika.co.id, Kamis (3/5).

Hadir sebagai pengisi acara kali ini adalah Habib Abdurrahman Al Athos dan Ustaz Mahroji Khudori. Untuk pesertanya, lanjut dia, kegiatan ini diikuti oleh jamaah dari Pesantren Masyarakat Nusantara yang telah tersebar di seluruh Indonesia.

"Tausiyah yang disampaikan nanti terkait dengan dorongan agar dapat berpuasa dengan sepenuh hati dalam menjaga sikap, perilaku dan pemikiran, bukan hanya menahan lapar dan dahaga," kata Kang Puji.

Harapannya, lanjut dia, dengan berpuasa sepenuh hati, maka hal ini dapat menciptakan kehidupan yang harmonis bagi bangsa ini, terutama dalam menjelang suasana tahun politik ini.

Melaui kegiatan ini, ia juga ingin menyatukan semua harakah sehingga keutuhan umat Islam dapat terus terjaga. Hal ini dinilai sangat krusial di tengah maraknya berbagai informasi miring yang beredar di media sosial.

Pasalnya, Kang Puji mengaku sangat gerah dengan konten media sosial yang banyak diisi dengan hoax, ancaman, dan ujaran kebencian. Melalui momentum menjelang Ramadhan ini, ia berharap masyarakat dapat lebih jernih dalam menyikapi informasi yang beredar.

Menurutnya, siraman rohani juga akan disampaikan oleh Ustaz Mahroji Khudori yang juga merupakan seorang seniman lukis. Selain itu, kelihaiannya dalam menulis buku juga dijamin mendukung hadirnya sebuah tausiyah yang dikemas secara menarik dan sistematis.

Sedangkan Kang Puji sendiri dalam kesempatan itu juga akan menekankan tentang sisi sosial melalui gerakan sedekah. Oleh karena itu, ia pun akan menyampaikan keutamaan sedekah serta kisah-kisah inspiratif terkait keajaiban sedekah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement