Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Dua Siswa SLTA Dapat Hadiah Umrah Berkat Alquran

Ahad 22 Apr 2018 09:15 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Indira Rezkisari

Juara I Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) menerima hadiah paket umrah dalam acara Istighosah Akbar Habaib dan Ulama se-Jabodetabek dan Grand Final MTQ di Pondok Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (21/4) malam.

Juara I Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) menerima hadiah paket umrah dalam acara Istighosah Akbar Habaib dan Ulama se-Jabodetabek dan Grand Final MTQ di Pondok Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (21/4) malam.

Foto: Republika/Muhyiddin
Lomba membaca Alquran diikuti 250 peserta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Yayasan Waqaf Quran Indonesia (YWQI) menggelar istighosah Akbar Habaib dan Ulamase-Jabodetabek di Pondok Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (21/4) malam. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Istighosah dan Grandfinal MTQ tingkat SLTA ini dihadiri sekitar 711 santri Pondok Pesantren Al Hamid, para habaib dan ulama, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Muhammadiyah Amin, dan Ketua Dewan Pembina YWQI M. Romahurmuziy alias Romi.

Lomba membaca Alquran ini diikuti oleh 250 peserta dan diseleksi melalui kanal youtube. Setelah proses itu, kemudian dipilih 21 peserta untuk tampil langsung di hadapan dewan juri di Pondok Pesantren Al Hamid dan dewan juri pun akhirnya mengumumkan para juara dalam kegiatan istighosah tersebut.

Juara I untuk kategori putra dimenangkan oleh Muhammad Rizqon dari MAN 2 Banjarmasin, Kaimantan Selatan, sedangkan juara I untuk kategori putri dimenangkan oleh Putri Diana Abdul Jabbar dari Madrasah Aliyah (MA) 2 Sukabumi, Jawa Barat.

Keduanya pun berhak menerima hadiah umrah dan sejumlah uang pembinaan dari YWQI. Hadiah tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pembina YWQI M. Romahurmuziy dalam final. "Saya mengucapkan selamat kepada anak-anakku yang telah menjadi finalis dan terutama yang telah mendapatkan juara," ujar Romi dalam sambutannya.

Setelah menyerahkan hadiah itu, Romi teringat saat dia mengikuti lomba MTQ 30 tahun silam di tingkat SD, SMP, dan SMA tingkat nasional. Menurut dia, saat itu dia sempat beberapa kali juga mendapatkan juara. "Sehingga kalau melihat adik-adikku yang hari ini juara, pertahankan itu terus. Karena itulah yang akan menjadi ladang dakwahmu kelak kalau kalian sudah dewasa," kata Ketum PPP ini di hadapan ratusan santri Ponpes Al Hamid.

Dirjen Bimas Islam Kemenag dalam sambutannya berterima kasih kepada YWQI yang selama ini terus membantu pemerintah membangun generasi Qurani. Menurut dia, dalam lima tahun terakhir ini memang ghirah umat Islam untuk mempelajari Alquran terus meningkat.

"Atas nama pemerintah kami berterimakasih dan mengapresiasi kepada YWQI yang sudah melaksanakan lomba MTQ ini. Dan saya sampaikan lima tahun terkahir ini ghirah untuk belajar memang meningkat," jelas Muhammadiyah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA