Selasa 03 Apr 2018 05:17 WIB

Olahraga Renang Kini Diminati Muslimah

Muslimah pun tak perlu takut auratnya terlihat saat berenang.

Muslimah (ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika
Muslimah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Jika sebelumnya dianggap tabu, olahraga renang kini kian diminati Muslimah. Sudah banyak kolam renang khusus Muslimah yang kian ramai dikunjungi. Muslimah pun tak perlu takut auratnya terlihat saat berenang karena sudah banyak pakaian renang tertutup bagi para Muslimah (burkini).

Salah satu pengusaha yang menjadikan burkini sebagai ladang usaha adalah Desmalia. Pemilik usaha daring @bajurenang- muslimahini mengaku telah memulai usa- hanya pada 2015 lalu. Desma menjelaskan, usaha burkini ini sejatinya dicetuskan oleh ibunda yang mendapatkan manfaat bere- nang, dan berniat menyebarkannya kepada orang lain dengan cara menjual baju renang yang nyaman bagi Muslimah.

Karena ibuku punya asma dan bere- nang itu salah satu terapi yang lumayan manjur. Jadi, dia ajak ibu-ibu lainnya untuk berenang sekaligus jual burkini ke mereka. Tapi, karena hanya jual ke ibu-ibu sekitar saja, jadi tidak terlalu laku dan sisanya masih banyak, makanya aku inisatif jualkan lagi dengan bisnis daring, kata Desma saat dihubungi Republika.co.id, belum lama ini.

Menurut dia, perkembangan penjualan burkini cukup menjanjikan karena saat ini penjual burkini belum semenjamur pakaian sehari-hari. Bahkan Desma mengaku tak jarang mendapatkan konsumen dari luar negeri, seperti Asia Tenggara, Amerika, dan Eropa. Terkait model, Desma mengaku hing ga saat ini model bukini untuk remaja dan dewasa masih mendominasi, meski begitu yang diprioritaskan tetap model yang menutupi dada dan tidak membentuk badan.

Dulu sihstandar saja baju renangnya, dan tidak banyak model. Tapi sekarang trennya di Indonesia itu yang menutup dada karena dianggap lebih sopan dan le bih syar'i. Dan aku yakin di masa mendatang akan ada tren-tren lainnya, ujar Desma. Seorang Muslimah berjilbab pecinta olahraga renang, Ladeva mengungkapkan, renang menjadi salah satu olahraga yang disunahkan Nabi. Menurut dia, rutin berenang juga dapat meningkatkan kesehatan saluran pernapasan, bahkan mampu menjadi terapi untuk beberapa penyakit.

Dia pun mengungkapkan pentingnya komunitas renang Muslimah, sehingga bisa berenang dengan aman, nyaman, dan menjadi ajang syiar. Perlu, karena ini juga bisa menjadi sarana syiar untuk menumbuhkan sunah Nabi, selain itu juga bisa meningkat kan kesehatan bagi para Muslimah yang mungkin sampai sekarang masih ragu untuk menekuni olahraga renang, kata perempuan yang akrab disapa Deva ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement