Senin 19 Feb 2018 15:26 WIB
Hadapi Tahun Politik

Muballigh dan Muballighah Pengendali Moral Bangsa

Kepercayaan yang diberikan akan bermanfaat bagi organisasi dan masyarakat.

Rep: Novita Intan/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi
Foto: dok. Humas Pemprov Sumut
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pemprov Sumatera Utara (Sumut) meminta para muballigh dan muballighah dapat meningkatkan peran dan potensi dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Apalagi, pada tahun ini, Sumut menggelar pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota. Diharapkan muballigh maupun muballighah memiliki peran yang besar agar Pilkada serentak tersebut berjalan kondusif dan aman.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengatakan, para muballigh dan muballighah harus berbuat yang sangat bermanfaat untuk kemaslahatan umat. "Ini agar umat Islam mampu menjadi penggerak, pendorong, dan pengendali moral dan nurani bangsa terutama dalam menghadapi perkembangan global di masa datang," ujarnya dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id, Jakarta, Senin (19/2).

Untuk itu, Tengku Erry berpesan, kepada para pengurus Badan Koordinasi Muballigh se-Indonesia (Bakomubin) Sumut yang dilantik periode 2017-2022, dan telah menerima amanah, haruslah dapat bekerja keras dengan penuh rasa ikhlas dan tanggung jawab. Sehingga, kepercayaan yang diberikan akan bermanfaat bagi organisasi dan masyarakat pada umumnya.

Selain menjadi pembinaan keagamaan umat, muballigh juga terus membina hubungan kemitraan yang harmonis dan elemen masyarakat lainnya dalam memberi semangat baru pembangunan keagamaan di Sumut. Tak hanya itu, gubernur juga berpesan, pada era globalisasi ini, para muballigh dan muballighah dituntut untuk terus berpacu meningkatkan ilmu pengetahuan, kemampuan, dan ketrampilan dalam upaya meningkatkan kualitas dan peran sertanya dalam pembangunan.

Untuk itu diharapkan para muballigh dapat meningkatkan kualitas keimanan masyarakat bahwa ajaran Islam sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. "Sebab berbagai tantangan dan hambatan yang kita hadapi baik sekarang maupun masa mendatang," ucapnya.

Ketua DPW Bakomubin Provinsi Sumatera Utara H Ardiansyah Saragih menambahkan, peran mereka tidak hanya memberi dan membentuk karakter Islam kepada umat juga memperbaiki akidah baik dalam kota hingga ke pelosok desa. "Kita akan menyebarkan ajaran Islam ke seluruh tempat bahkan ke pelosok desa, untuk itu kami juga butuh dukungan semua lembaga termasuk pemerintah dalam syiar Islam mulai dari kota hingga ke pelosok desa," paparnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum DPP Bakomubin Pusat KH Dedi Ismatullah. Kata dia, saat ini, kondisi akidah umat sangatlah penting. "Peran muballigh tidak hanya memperbaiki akidah umat juga sebagai wadah menyatukan paham antara organisasi besar Islam," ujarnya.

Selain memperbaiki akidah, dan menyatukan ormas Islam juga, Bakomubin berperan mengawal kehidupan berbangsa sebab kata Dedi gerakan muballigh juga memiliki kewajiban dalam bela negara dan mengawal empat pilar MPR RI.

"Peran muballigh tidak hanya menyebar kalimatullah yakni sampaikan meski hanya satu ayat, tapi juga mengaktualisasikan nilai-nilai ayat suci Alquran dan konstitusi dalam bingkai NKRI," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement