Kamis 25 Jan 2018 16:52 WIB

Pendonor 100 Kali Mendapat Hadiah Umrah

pendonor darah merupakan pahlawan kemanusian yang patut mendapat penghargaan

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
donor darah
Foto: pmisolo.or.id
donor darah

REPUBLIKA.CO.ID,  PURBALINGGA -- Kejutan diberikan Bupati Purbalingga Tasdi, pada pendonor darah di Pendopo Setda Purbalingga, Kamis (25/1). Tanpa pemberitahuan sebelumnya, Bupati mengumumkan untuk memberikan hadiah umrah gratis pada pendonor darah yang sudah mendonor hingga 100 kali.

Salah satu pendonor yang sudah mendonor 100 kali, Rido Yuwono (50), warga Desa Losari, Kecamatan Rembang seperti mendapat berkah luar biasa dengan hadiah tersebut. Matanya bahkan berkaca-kaca menahan haru.

''Saya tidak menyangka akan mendapat hadiah untuk umrah ke tanah suci. Saya sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada yang Maha Kuasa, serta kepada Pemkab Purbalingga melalui pak Bupati yang memberikan kesempatan berumroh,'' ujarnya.

Bupati Purbalingga Tasdi mengatakan para pendonor darah merupakan pahlawan kemanusian yang patut mendapat penghargaan. Ia juga menegaskan donor darah merupakan bentuk ibadah dan patut dicontoh karena mereka rela menolong sesama manusia.

''Meski Rido Yuwono sudah mendapat hadiah cincin dari Presiden karena sudah 100 kali mendonor, maka saya menghadiahi umrah dengan dana APBD untuk saudara Rido,'' kata Bupati Tasdi.

Wakil Ketua III PMI Purbalingga dr Nonot Mulyono mengatakan, jumlah stok darah di UTD PMI Purbalingga sampai akhir 2017 tercatat 11.743 kantong. Jumlah ini meningkat 1.180 kantong dari perolehan tahun 2016 yang tercatat sebanyak 10.563 kantong darah.

''Pencapaian ini tidak lepas dari peran relawan donor darah yang secara rutin mendonorkan darahnya, serta para pimpinan dinas, instansi, sekolah yang mendukung terselenggaranya donor darah,'' kata Nonot Mulyono.

Nonot menambahkan, sepanjang tahun 2017, mobil unit donor darah telah melakukan kegiatan sebanyak 426 kali ke kelompok donor darah yang berada di berbagai instansi, kantor, sekolah dan lembaga lainnya dengan perolehan rata-rata tiap kegiatan 27 kantong darah per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement