Rabu 17 Jan 2018 18:14 WIB

Butuh 16 Tahun Imam Bukhari Himpun Hadis

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Penulisan hadis (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com/a
Penulisan hadis (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --  Menurut Ibnu Hajar al-Asqalani dalam Fath al-Bari, kitab penjelasan (syarah) Shahih Bukhari, ada lima tingkatan guru-guru yang dengannya Imam Bukhari menghimpun hadis. Yang paling atas adalah guru dari generasi tabiin, sedangkan yang paling muda adalah rekan seperguruan Imam Bukhari sendiri.

Meski begitu, al-Asqalani menyebutkan, Imam Bukhari tidak membeda-bedakan per lakuan di antara ribuan gurunya tersebut. Khususnya dalam menetapkan dapat diterima atau tidaknya hadis-hadis yang mereka riwayatkan.

Imam Bukhaari menyelesaikan al-Jami'  as-Shahih atas saran gurunya, Ishaq bin Rahawaih (wafat 238 H/853 M). Imam Bukhari membutuhkan waktu 16 tahun untuk itu. Ia juga melakukan safari ilmu ke berbagai lokasi di Jazirah Arab dan sekitarnya.

Di Syam (Suriah), Mesir, dan Aljazair Imam Bukhari singgah dua kali, sedangkan di Basrah (Irak) empat kali. Ia juga sempat menyambangi Kufah dan Baghdad.

Enam tahun lamanya Imam Bukhari menetap di Tanah Suci. Dari pertemuannya dengan banyak ahli hadis di kota-kota tersebut, Imam Bukhari menghimpun tidak kurang dari 600 ribu hadis, yang setengah di antaranya berhasil dihafalkannya.

Dari hadis yang disimpan dalam memori, sebanyak 200 ribu di antaranya merupakan hadis dhaif dengan berbagai tingkatannya (beberapa hadis dhaif dalam kriteria Bukhari bisa jadi shahih menurut ulama lain karena kriteri ketat yang digariskan Bukhari), sedangkan sebanyak 100 ribu hadis adalah sahih. Jumlah tersebut pun disaring lagi.

Imam Bukhari menyimpulkan sebanyak 7.275 hadis benar-benar sahih sehingga termaktub dalam kitab al-Jami' as-Shahih. Menurut Ibnu Salah, dari total 7.275 tersebut, dalam al-Jami' as-Shahih hanya ada empat ribu hadis sahih bila menghilangkan teks hadis yang diulang-ulang.

(Baca Dulu: Sejarah Karya Monumental Imam Buhkari)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement