Ahad 14 Jan 2018 06:56 WIB

Masjid Abu Abbas al-Mursi Alami Sejumlah Renovasi

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Bagian dalam Masjid Abu Abbas Al-mUrsi
Foto: Wikipedia
Bagian dalam Masjid Abu Abbas Al-mUrsi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —Selama berabad-abad, masjid ini mengalami beberapa kali perbaikan. Adapun strukur terkininya merupakan desain ulang karya arsitek Eugenio Valzania dan Mario Rossi masing-masing pada 1929 dan 1945. Jauh sebelumnya, para penguasa Muslim juga ikut mem- perindah Masjid Abu Abbas al-Mursi.

Misalnya, pada 1775 seorang tokoh Muslim asal Aljazair, Syekh Abu al-Hasan al-Maghribi. Dia memperluas masjid ini, sebagaima na masih dapat dijumpai sampai sekarang.

Pada 1863, Masjid Abu Abbas al- Mursi telah direnovasi total. Setelah itu, pemerintah kota setempat meng adakan festival rutin tahunan untuk memperingati hari kelahiran sufi Abu al-Abbas al-Mursi. Festival ini biasanya berlangsung selama delapan hari berturut-turut.

Pada 1943, masjid ini kembali diperbaiki atas perintah Raja Faruk I. Salah satunya ialah pembangunan alun-alun masjid yang seluas 43. 200 meter persegi. Selain itu, Raja Faruk I juga memerintahkan pembangunan lima masjid lainnya yang berlokasi dekat dengan Masjid Abu Abbas al-Mursi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement