Jumat 05 Jan 2018 14:07 WIB

Wali Kota Taipei Kunjungi Turki Bahas Rencana Bangun Masjid

Rep: umi nur fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Kota Taipei, Taiwan
Foto: etftrends.com
Kota Taipei, Taiwan

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Wali Kota Taipei, Ko Wen-je berencana mengunjungi Turki membahas sumbangan pembangunan masjid dari negara itu di Taipei. Kunjungannya ke Turki menjadi rangkaian tur Eropa, selain Belanda, Belgia, dan Polandia.

Dilansir dari Taiwan News pada Kamis (4/1), Wali Kota Ko berencana mengunjungi sejumlah negera Eropa pada awal libur Tahun Baru Imlek, 27 Januari hingga 6 Februari.

"Jika seseorang ingin menghabiskan ratusan juta dolar Taiwan untuk membangun sesuatu, saya harus pergi dan mendiskusikannya," kata Ko.

Ia berencana mempresentasikan sejumlah hal saat mengunjungi Eropa, seperti, pembaharuan perkotaan, perlindungan lingkungan dan transportasi umum. Khusus di Turki, Ko juga membahas rencana pembangunan sebuah masjid di Kota Taipei.

Diketahui, Turki memiliki Direktorat Agama yang juga dikenal sebagai Diyanet. Direktorat itu digambarkan sebagai penyebaran merek Islam Turki di luar negeri, terutama di bawah pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun, belum ada informasi ihwal apakah ada hubungan Diyanet dan masjid baru Taipe.

Di Belanda, Ko menganggap negara itu sebagai model terbaik untuk Taiwan karena ukurannya yang serupa. Ko menarik sejajar antara kedua negara dalam pengembangan demokrasi, ekonomi, dan perlindungan lingkungan. Sementara kunjungannya ke Belgia, Ko ingin melihat praktik sister cities atau persaudaraan antarnegara Uni Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement