Selasa 02 Jan 2018 19:12 WIB

MUI Depok Gelar Pendidikan Ulama Buat Pemuda

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Agus Yulianto
Para peserta Pendidikan Kader Ulama (PKU ) (Ilustrasi)
Foto: dok.mui kabupaten bogor
Para peserta Pendidikan Kader Ulama (PKU ) (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok memberikan perhatian yang cukup besar terhadap kualitas akhlak dan keilmuan para pemuda. Selain membina pemuda dalam pengajian rutin, MUI Depok juga bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan pengkaderan pemuda dalam wadah Pendidikan Kader Ulama (PKU).

"Kaderisasi ini bersifat tahunan, dalam tiga tahun terakhir ini sudah ada ratusan pemuda yang mewakili setiap kecamatan dan pondok pesantren di Kota Depok," ujar Ketua MUI Kota Depok, Ahmad Dimyati Badruzzaman di Balai Kota Depok Selasa (2/1).

Menurut Dimyati, para peserta akan menjalani pendidikan selama dua bulan di Gedung MUI Depok. Selama itu, mereka dibekali materi keislaman, seperti Ulumul Tafsir, Ulumul Quran, Hadis, Fikih, termasuk materi tantangan dakwah di zaman ini. Pematerinya sendiri, imbuhnya, para kiai dan civitas akademika yang mumpuni di bidangnya. "Peserta yang telah lulus, diharapkan dapat menyebarkan ilmunya secara aktif dan seluas-luasnya," ujarnya.

Selain itu, MUI Depok juga menggelar pengajian terbuka dengan mengajak organisasi kepemudaan untuk menghadiri kajian setiap Senin setelah shalat Zuhur yang diisi langsung oleh Ketua MUI Kota Depok. Di dalam kajian tersebut, dibahas tentang Tafsir Hadis, Tasawuf, dan Akidah Akhlak. Selain itu, per dua bulanan diadakan juga pengajian ulama umara yang mengangkat persoalan keumatan terkini.

Pembinaan tersebut di luar kegiatan-kegiatan yang bersifat Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Seperti saat Ramadan, Idul Fitri, atau Idul Adha. "Para pemuda kita undang, sehingga nilai-nilai keislaman dapat tertanam dalam keseharian mereka. Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung salah satu visi Kota Depok, yaitu menjadi Depok yang religius," ucap Dimyati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement