Kamis 28 Dec 2017 18:15 WIB

Gaya Arsitektur Unik Masjid Agung Djenne

 Masjid Agung Djenne di Mali, Afrika Barat.
Foto: sacredsites.com
Masjid Agung Djenne di Mali, Afrika Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Saat mendengar kata masjid, yang terlintas di dalam kepala sebagian besar orang mungkin adalah sebuah bangunan yang identik dengan kubah, berhiaskan ragam mosaik, serta dilengkapi dengan menara yang tinggi menjulang.

Namun, seluruh karakteristik tersebut tidak akan kita jumpai pada Masjid Agung Djenne di Mali. Rumah ibadah yang satu ini terkesan polos dan minim ornamen. Bentuk bangunannya pun sepenuhnya mengusung gaya arsitektur lokal Sudano-Sahelian.

Beberapa potong kayu perancahnya bahkan tampak menyembul ke luar bangunan ini. Namun, karya ini justru menun- jukkan bahwa sang arsitek paham betul bagaimana merancang sebuah masjid dengan identitas lokal yang sederhana, tapi tidak mengurangi aura sakral dan monumental dari sebuah masjid agung.

Tidak sekadar memiliki gaya arsitek-tur yang unik, material yang digunakan untuk pembangunan masjid yang terletak di kawasan Sub-Sahara Afrika ini pun tidaklah lazim.

Jika masjid-masjid pada umumnya menggunakan batu atau semen sebagai bahan dasar konstruksinya, masjid ini justru dibangun dengan tanah liat yang diambil dari dua sungai yang melintasi Kota Djenne.

Karena keunikannya itu, Masjid Agung Djenne dikenal sebagai landmark terpenting di kota itu.Bahkan, karena ketidaklazimannya tersebut, masjid ini juga masuk ke dalam daftar 10 masjid ter unik di dunia.

Penulis asal Inggris, Kafia Cantone, menuturkan, adanya perbedaan tahap dalam penyebaran Islam ikut memengaruhi arsitektur masjid di beberapa kawasan dunia. Dari Afrika Utara hingga India, masuknya agama ini tidak terlepas dari kegiatan ekspansi dan penaklukan yang dilakukan bangsa Arab.

Karena itu, gaya arsitektur bangunan masjid yang digunakan di wilayah-wilayah itu pun praktis langsung diimpor dari negeri asalnya, yakni Timur Tengah. Fakta tersebut salah satunya ditandai dengan elemen kubah dan menara sebagai fitur yang melekat pada bangunan-bangunan masjid di daerah-daerah itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement