Selasa 19 Dec 2017 21:07 WIB
Gubernur Erzaldi Berdoa Babel Makin Berkah

Erzaldi Gelontorkan Beasiswa Hafiz Quran

Rep: Maman Sudiaman/ Red: Agus Yulianto
Ilustrasi mengaji.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Ilustrasi mengaji.

REPUBLIKA.CO.ID, Pagi itu alunan ayat suci terdengar merdu dalam ruangan Masjid Al Kamal Pemprov Bangka Belitung. Di antara para jamaah di masjid itu terlihat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman khusyuk mendengarkan ayat demi ayat yang dibacakan salah satu hafizah, pada Selasa (19/12).

Wagub Babel Abdul Fattah yang berada di samping Gubernur Babel juga terlihat diam, mendengarkan keindahan suara alunan ayat-ayat suci tersebut. Usai shalat Subuh, sebanyak 54 tahfidz mendapatkan beasiswa dari Pemprov Babel.

"Anak-anakku sekalian, jika kalian hafiz Alquran, kita akan bantu pendidikan kalian sampai jenjang kuliah. Jika bisa hafiz 30 juz, maka pemprov yang akan membantu biaya kuliah. Kalian tentukan mau kuliah dimana, nanti pemprov yang akan mengurusnya," ujar Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id.

Gubernur Erzaldi yakin bahwa para hafidz dan hafidzah menjadi sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan menjadi aset Pemprov Babel dimasa sekarang dan mendatang. "Anak-anak kita ini saya yakin memiliki karakter terpuji, pastilah lebih jujur, bertakwa, beriman dan tentunya berilmu," ujar Erzaldi.

Kepala Dinas Pendidikan Babel M Soleh menjelaskan, bahwa Pemprov Babel menganggarkan Rp 600 juta untuk beasiswa bagi tahfiz di Babel. Beasiswa ini sifatnya berjenjang dari SD sampai dengan S2. "Insya Allah ini tahun pertama dan Insya Allah tahun depan ada lagi. Untuk tahun ini kita anggarkan Rp 600 juta. Semoga tahun depan lebih banyak lagi yang bisa kita bantu beasiswa," kata Soleh.

Soleh menyebutkan untuk memberikan beasiswa ini pihaknya melakukan seleksi terlebih dahulu. Apalagi antusiasme pendaftar untuk mendapatkan beasiswa tersebut sangat tinggi. Untuk tahun 2017 ini, sebanyak 180 orang mendaftar, tetapi hanya 54 orang saja yang bisa kita berikan beasiswa, besarannya juga variatif tergantung jenjang dan jumlah hapalannya.

"Program beasiswa hafiz merupakan salah satu program prioritas kita. Hafiz dan Hafizoh ini salah satu program prioritas kita. Para hafiz dan hafizoh ini juga  disiapkan untuk melanjutkan program pendidikan lebih tinggi," kata Soleh.

Erzaldi menyatakan, bahwa progam beasiswa yang diberikan kepada tahfidz dan tahfidzah hari ini merupakan program perdana Pemprov Babel. Program ini  mulai dilaksanakan tahun 2017 ini. "Saya harapkan tahun depan bisa lebih besar dan lebih banyak lagi," kata dia.

Dirinya meyakini, dengan semakin banyaknya Tahfidz di Babel, maka Provinsi Bangka Belitung akan semakin berkah. "Insya Allah jika semakin banyak Tahfidz, maka negeri kita akan semakin berkah," harap Erzaldi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement