Sabtu 16 Dec 2017 03:45 WIB

Israel dan Susu Unta

Susu unta
Foto: IST
Susu unta

REPUBLIKA.CO.ID,

Rasulullah SAW telah memberi tahu bahwa susu untu baik untuk kesehatan. Hal itu diakui pula oleh Prof Riufin Yigael yang bekerja di Universitas Ben Gorbon. Dia tinggal di Sumur Tujuh Israel dan bergabung dengan sekelompok dokter yang membahas kelebihan susu unta. Kesimpulannya, jumlah kandungan yang ada pada susu unta mirip dengan jumlah kandungan susu ibu, lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kandungan susu sapi.

Dikutip dari Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadits bahwa susu unta tidak banyak mengandung lactose, gulam, dan lemak. Susu unta lebih banyak mengandung vitamin C, kalsium, dan zink, yang menjadikan kandungannya sesuai dengan kebutuhan bayi yang tidak menyusu kepada ibunya. Di samping itu, susu unta kaya protein dan zat imun yang sangat cocok untuk mereka yang tidak lancar saluran pencernaannya.

Terkait kelebihan susu unta untuk pengobatan, Prof Yigael dan timnya berpendapat, “Susu ini mengandung unsur-unsur yang membunuh kuman, cocok bagi mereka yang sedang melakuakan proses penyembuhan luka, dan membantu mereka yang menderita gangguan lambung atau perut. Susu unta juga cocok bagi mereka yang menderita penyakit asma dan mereka yang ingin meringankan penyakit lambung seperti rasa mual. Susu unta dianjurkan pula bagi mereka yang menderita penyakit gula dan gangguan pencernaan.”

Prof Yigael juga menganjurkan mereka yang menderita semua penyakit di atas untuk meminum susu unta sebanyak dua gelas dalam satu hari dan ditambah sesuai kebutuhan. Meski demikian, menurut Prof Yigael, susu unta tetap bukan obat. Ia meminta masyarakat menunggu kesimpulan dari hasil penelitian. Departemen Kesehatan Israel yang meneliti susu unta untuk dijadikan sebagai sumber gizi (makanan).

Sekarang ini, dia dan rekan penelitiannya hanya melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi tentang susu ini. Mereka telah mendirikan ladang untuk pengembalaan unta dan padang rumput untuk mendapatkan produksi susu unta.

Keistimewaan susu unta

Bangsa Arab tradisional menggunakan susu unta untuk mengobati berbagai penyakit seperti cacar, luka, sakit gigi, gangguan pencernaan, dan keracunan. Menurut mereka, susu unta yang paling bagus untuk dijadikan obat adalah susu yang keluar setelah empat puluh hari melahirkan.

Berbagai penelitian yang dilakuakan oleh Al-Ajami dan rekannya (1994 dan 2000), menemukan bahwa susu unta memilki karakteristik khusus untuk pencernaan. Ia mengadung zat berkadar tinggi yang berguna untuk melawan bakteri mematikan dan berbagai virus.

 Di India, susu unta dipergunakan sebagai obat endema (busung air), jamur, gangguan limpa, TBC, asma, anemia, dan wasir. Di samping itu, susu unta juga bagus untuk penderita penakit hati yang kronis dan memperbaiki fungsi hati.

Al-Bukhari meriwayatkan dari Anas ra bahwa suatu kaum dari Urainah menghadap Rasulullah SAW. Mereka berkata kepada Nabi, “Kami mengalami masalah di Madinah. Perut kami kembung dan anggota badan kami terluka.” Lalu, Rasulullah SAW memerintahkan mereka untuk mencari peternak unta. Kemudian, mereka meminum susu dan air kencing unta sehingga perut kembungnya sembuh dan kulitnya membaik.

Mayoritas ulama, termasuk Imam Syafi’I, mengharamkan kencing unta dan seluruh kotoran hewan. Bahkan, Ibnu Hajar Al-Ashwalani (Pengarang syarah kitab Shahih Bukhari) meriwayatkan hadits Abu Hurairah tentang keharaman seluruh air kencing.

Hadits tersebut di atas telah menginformasikan bahawa susu dan kencing unta menjadi obat untuk beberapa penyakit. Perut kembung bisa jadi disebabkan oleh radang usus besar karena terkumpulnya zat atau enzim padanya, atau bergabungnya ratusan protein di rongga perut yang dikenal dengan edema.

Kedua penyakit tersebut bisa diobati dengan memanfaatkan susu dan kencing unta, karena tambahan zat antibodi yang terdapat pada susu dan kencing unta merupakan rahasia kesembuhan. Satu memperbaiki berbagai penyakit seperti penyakit radang hati atau hepatitis B dan C, beberapa radang usus besar yang kronis, berbagai macam penyakit kanker yang masih baru, serta gangguan pencernaan.

Al-Razi berkomentar bahwa susu unta menyembuhkan penyakit jantung dan kerusakan anggota badan.

Ibnu Sina dalam Al-Qanun fi Al-Thibb (The Canon of Medicine) berkomentar, “Susu unta merupakan obat yang berguna karena mengandung kilap dan zat khusus. Seandainya susu ini digunakan sebagai minuman dan makanan, orang yang mengkonsumsinya akan seantiasa sehat. Ini telah dilakukan oleh umat yang menyerang negeri Arab. Mereka terpaksa meminum susu unta. Dan, mereka merasa cukup dengan hanya mengkonsumsi susu unta itu.”

Itulah berbagai keterangan dan khasiat susu unta yang dikeluarkan oleh Allah Swt dari saripati antara kotoran dan darah menjadi susu yang bersih, nikmat diminum, dan kaya akan protein yang bisa menyembuhkan tentunya dengan izin Allah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement