Sabtu 02 Dec 2017 16:25 WIB

Benteng Kokoh dan Indah di Kota Taif

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Joko Sadewo
Salah satu benteng di Kota Taif
Foto: istimewa/wattpad
Salah satu benteng di Kota Taif

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Kota Taif di Arab Saudi memiliki keistimewaan tersendiri. Kota ini memiliki banyak benteng dan istana antik, berupa kastil yang telah bertahan selama beberapa periode sejarah.

Benteng dan kastil ini dianggap sebagai 'landmark' wisata yang sangat menarik dan selalu menarik perhatian para pengunjung. Kota Taif terletak di Provinsi Makkah di bagian barat daya Arab Saudi.

Arsitektur kastil dan benteng ini menampilkan desain yang difokuskan dalam menyediakan perlindungan dari pertempuran. Tidak hanya itu, benteng kastil ini juga berfungsi sebagai menara kontrol. Di samping, peran strategis bangunan ini sebagai sebuah tempat tinggal. Desain dari benteng dan kastil ini menjadikannya sebagai salah satu sistem arsitektur terbaik dari budaya Islam.

Saad Al-Joudi, seorang guru sejarah modern, mengatakan bahwa benteng di sebelah selatan Taif dikenal sebagai bangunan terbesar yang berfungsi tidak hanya untuk tempat tinggal.

"Mereka dibangun oleh sekelompok kontruktor yang terampil untuk melindungi penduduk dari serangan interior dan eksterior," kata Al-Joudi, dilansir dari Arab News, Sabtu (2/12).

Al-Joudi menunjukkan bahwa orang-orang Taif membangun benteng mereka dengan cara arsitektural yang istimewa. Desain benteng itu diuntungkan dengan kekayaan pegunungan dan perbukitan yang berbatu di daerah mereka. Sehingga, menciptakan bangunan berbentuk kerucut dengan skala yang berbeda.

Al-Joudi menambahkan, bahwa pria yang kuat akan mendorong batu-batu berat. Kemudian, konstruktor akan membangun benteng dengan menggunakan batu-batu itu (tingginya mencapai 15 meter).

"Mereka akan menggunakan batu tebal pertama dan kemudian batu yang kurang tebal, ketinggian ditingkatkan untuk menciptakan basis pertahanan yang kuat dan stabil yang siap untuk menghadapi musuh," lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement