Kamis 30 Nov 2017 15:45 WIB

Muslim Amerika Telusuri Identitas Melalui Arsitektur Masjid

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Masjid Islamic Center di Washington DC.
Foto: wikipedia
Masjid Islamic Center di Washington DC.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Masjid pertama di AS, berdiri di wilayah Cedar Rapids, Iowa, pada 1934. Di dalam buku Mosques in the United States of America and Canada (2006), peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Dr Omar Khalidi, mengatakan bahwa bentuknya sangat sederhana. Sebuah bangunan yang jika dilihat dari atas hanyalah persegi panjang. Dindingnya papan dan berlantai fondasi blok sinder. Hanya ada satu kubah berukuran tidak besar di dekat gerbang.

Namun, berpuluh-puluh tahun kemudian, kaum Muslim AS justru berupaya menelusuri dan mewujudkan jejak sejarah keislaman melalui arsitektur masjid mereka. Salah satunya, Islamic Center di Washington DC.

Masjid ini dibangun pada 1950 oleh arsitek Mario Rossi. Menurut Dr Omar, Masjid Islamic Center Washington DC merupakan konstruksi pertama dengan gaya tradisi Islami di Negeri Paman Sam. Ciri arsitekturnya meniru gaya bangunan Kesultanan Mamluk di Kairo. Tidak cukup itu, masjid ini juga meniru bentuk khas Kesultanan Ottoman dan corak yang biasa ditemui di bangunan-bangunan bersejarah Andalusia, Spanyol.

Interiornya memiliki ukiran dan corak yang bercirikan multietnis. Hiasan yang melapisi dinding masjid ini merupakan hibah dari Pemerintah Turki saat itu. Adapun lampu megah yang menggantung di langit-langit adalah pemberian pihak Mesir. Karpet masjid ini merupakan donasi dari raja Iran saat itu. Bukan hanya pihak pemerintah negara-negara sahabat, melainkan juga kaum dermawan Muslim dari penjuru dunia ikut menyumbang.

Semua itu menunjukkan bahwa pembangunan Islamic Center di jantung negara adidaya AS merupakan buah diplomasi. Sehingga, kaum Muslim tempatan di Washington DC, khususnya dan warga AS pada umumnya, dapat menjalani ibadah rutin.

Masjid ini segera menjadi simbol persatuan umat Islam sedunia dan identitas tersendiri di AS. Saat ini, bangunan ini (Masjid Islamic Center Washington DC) termasuk daftar (cagar budaya) Survei Bangunan Bersejarah Amerika, kata Dr Omar.

Di antara Islamic center yang tersebar di seluruh AS, Masjid Islamic Center Washington DC merupakan yang pertama terbesar. Ini masih memakai struktur bangunan tradisional Islam. Sampai sekarang, Masjid Islamic Center Washington DC adalah salah satu bangunan terpenting yang pernah dibangun di AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement