Selasa 28 Nov 2017 21:00 WIB

Istana Nurul Iman, Apa Saja Isinya?

Rep: Marniati/ Red: Agung Sasongko
Istana Nurul Iman Brunei Darussalam
Foto: Wikipedia
Istana Nurul Iman Brunei Darussalam

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Untuk menimbulkan kesan mewah badan menara di Istana Nurul Iman, bagian ujung diberi rongga yang ditutup dengan kubah berukuran mini. Kubah-kubah kecil yang difungsikan sebagai penutup menara ini warnanya disa makan dengan kubah utama.

Pembangunannya menghabiskan 1,4 miliar do lar AS atau Rp 15 triliun. Terdapat beberapa bangunan megah, di antaranya, masjid yang bisa menampung sekitar 1.500 jamaah. Sementara, ruang utama Istana Nurul Iman mampu menampung sekitar 5.000 tamu undangan.

Masih pada bagian interior Istana Nurul Iman, tampak kesan warna buatan tidak begitu mendominasi pada bagian dalam. Semua unsur warna di timbulkan oleh masing-masing bahan yang digunakan untuk membangun istana.

Seperti diketahui, bahan bangunan Istana Nurul Iman kebanyak terbuat dari granit dan marmer yang digunakan sebagai lantai dasar dan dinding serta anak tangga.

Selain itu, bangunan ini juga dilengkapi penyimpanan alat transportasi kerajaan. Misalnya, garasi Istana Nurul Iman mampu menampung sekitar 110 mobil.

Ada juga garasi untuk menyimpan 200 kuda poni kesayangan sultan. Ada sekitar 165 mobil Rolls Royces memenuhi garasinya yang semua kendaraan tersebut bisa digunakan setiap saat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement