Senin 20 Nov 2017 19:18 WIB

Tujuh Restoran Halal Patut Dikunjungi Saat ke Amsterdam

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Agus Yulianto
Restoran Salero Minang berjaya di Den Haag, Belanda (Ilustrasi)
Foto: Dok SM
Restoran Salero Minang berjaya di Den Haag, Belanda (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah kamu pernah berwisata ke pusat Kota Belanda? Kamu bisa melihat beberapa kafe, warung makan, dan restoran yang menyajikan falafel, donat kebab, dan shawarma Turki.

Namun, tidak semua makanan itu bersertifikat halal. Sebab, banyak dari makanan itu mengandung alkohol, kendati menyajikan daging halal. Jika kamu tak yakin, coba tanyakan.

Usai jalan-jalan pagi, kamu dapat mencari restoran sesuai selera. Kamu bisa mempertimbangkan warung ikan di sekitar kota. Kebanyakan warung itu menawarkan adonan ikan goreng, sandwich ikan, dan ikan asap.

Amsterdam Timur dan Barat terkenal memiliki pilihan makanan halal bagi penduduk Muslim. Area seperti de Baarsjes dan Nieuw West adalah pilihan bagus jika kamu mencari makanan halal.

Kamu bisa menemukan banyak restoran Turki dan toko roti Maroko. Sebab, sebagian besar Muslim Belanda berasal dari Turki atau Maroko.

Dilansir dari My Salaam, terdapat sejumlah restoran halal yang populer. Pertama, Eetcafe Noumidia, restoran bertema Maroko menyajikan daging halal dan tidak menyediakan alkohol di menunya. Restoran ini merupakan rekomendasi forum lokal Maroko.

Kedua, Meram, restoran Turki halal yang terletak di Amsterdam dan Rotterdam. Restoran itu mengklaim perbedaan menjadi alasan berdiri. Pun mereka tak menjual alkohol sama sekali.

Ketiga, Halal Fried Chicken (Ayam Goreng Halal), yakni makanan cepat saji yang memiliki tiga restoran di Amsterdam. Restoran ini biasanya menawarkan sepaket ayam goreng, sayap, nugget, dan beberapa produk daging sapi.

Keempat, Restoran Mesken merupakan bisnis gabungan orang Turki lokal di East Amsterdam. Restoran ini terkenal untuk keluarga. Mesken menyediakan menu sarapan prasmanan murah seharga 7 euro per kepala dan makan malam prasmanan 15 euro per kepala.

Kelima, Star BBQ adalah restoran Irak dengan roti besar dan daging chargrilled langsung dari oven batu bara. Restoran itu terletak di Javastraat, di sebelah timur kota.

Keenam, MOZO adalah restoran Maroko yang memiliki hidangan rekomendasi tajine. MOZO memiliki pilihan menarik tapas dingin dan panas. Peladen melayani tamu dengan cara tradisional Maroko. MOZO melayani bastilla, kue gurih Maroko. Selama akhir pekan, MOZO menawarkan teh berkualitas untuk pelanggan kelompok empat hingga enam orang.

Ketujuh, Porto Marina menyajikan makanan laut dan tapas. Porsi murah dan layanan ramah. Porto Marina berada di sebelah barat Amsterdam, di Kinkerstraat yang semarak. Porto Marina membuka cabang lain di sebelah barat kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement