Senin 13 Nov 2017 21:12 WIB

Pentingnya Berzikir Menurut Ustaz Yusuf Mansur

Rep: Mabruroh/ Red: Karta Raharja Ucu
Ustaz Yusuf Mansur
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Ustaz Yusuf Mansur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan hanya mengingat Allah, maka Allah akan membereskan segala urusan. Karena itu, menurut Ustaz Yusuf Mansur senantiasa berzikir kepada Allah sangatlah penting.

"Kata kiai saya, hanya dengan mengingat Allah saja itu Allah sudah ingat. Kalau Allah sudah ingat, beres semua. Apa yang tidak dikelarin oleh Allah? Semua dikelarin," kata Ustaz Yusuf saat bersilaturahim ke kantor Republika, Senin (13/11).

Hanya saja, ujar Ustaz Yusuf, ketika umat manusia diberikan suatu cobaan tidak sedikit dari mereka yang justru lupa. Padahal dengan Allah memberikan cobaan tersebut, artinya Allah sedang menegur hambanya.

"Misalnya penyakit, itu kan ujian, tapi yang diingat obat, ketika dia tidak punya bahan makanan itu ujian yang diingat bagaimana saya bisa makan," kata Yusuf.

Padahal, kata Ustaz Yusuf menerangkan, jika saja mereka langsung mengingat Allah pada saat mendapatkan cobaan tersebut tentu saja ceritanya akan lain. Karena tangan Allah akan turut membantu seseorang itu.

"Jadi mengingat Allah secara subtansif kalau orang sudah mengingat Allah kelar semua urusan," ucap Ustaz Yusuf yang sempat menjadi imam Shalat Ashar di mushala Republika.

Akan tetapi bantuan pun tidak datang serta merta begitu saja. Ia menyebut, selain diiringi mengingat Allah dengan cara berdoa, Allah akan memberikan bantuan melalui seberapa besar ikhtiar yang sudah diupayakan oleh hamba-Nya.

"Allah juga tidak memperbolehkan kita pasrah tanpa ikhtiar, (saat sakit) ingat Allah dulu, Allah lagi, Allah lagi, (kemudian) seseorang berikhtiar dengan pergi ke rumah sakit, sampai di RS adzan shalat dulu, Allah terus. Jadi ikhtiar ya diiringi dia ingat Allah," jelasnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement