Selasa 31 Oct 2017 17:08 WIB

Azan Berkumandang di Ovalau

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Agung Sasongko
Pulau Mana di Fiji
Foto: Abc News
Pulau Mana di Fiji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengikut Islam di Pulau Ovalau telah mengunjungi sebuah masjid sepanjang hidup mereka, sebagai bentuk penghormatan dan untuk melakukan shalat. Masjid itu adalah masjid Waitovu, sebuah masjid utama tumpuan populasi kecil di pulau itu.

Levuka memiliki sejarah kaya dan penting yang terkait dengan Fiji. Muslim pertama yang tiba di negara tersebut, menetap di Levuka dan mendirikan masjid pertama di Waitovu di luar kota tua itu.

Imam masjid Waitovu, Mohammed Khan, mengatakan kepada Fijitimes, tempat tersebut memiliki ikatan dan kepentingan khusus bagi umat Islam di pulau tersebut.

Dia mengatakan masjid tersebut memiliki sejarah yang menggambarkan datangnya kapal Indentured yang datang pertama kali di Leonidas. Perahu tersebut berasal dari India dan membawa penumpang sekitar 82 muslim, kata Khan.

Mereka melakukan perjalanan selama hampir empat bulan dan sekitar 35 orang tewas di kapal. Kapal tersebut membawa penumpang dari Pakistan, Lahore, India dan Kolkata,

Di kapal Indentured, kakek saya juga ikut dalam perjalanan itu sebagai insinyur, dan dia dikenal sebagai 'Budda Khan'. Dia berusia 19 tahun saat dia tiba di Fiji,

Kakek saya datang dengan orang lain di kapal dan menetap di sini di Levuka dekat Waitovu, mereka memulai hidup mereka sendiri. Khan mengatakan, Tui Levuka memberikan sebidang tanah kepada pemukim muslim awal di sana untuk memulai hidup mereka dan membangun rumah.

“Ketika mereka mendapatkan tanah itu, kakek saya yang pertama kali melakukan adzan untuk umat Islam di daerah tersebut, “kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement