Jumat 20 Oct 2017 17:43 WIB

Dinasti-Dinasti Islam Penguasa Afghanistan

Rep: Marniati/ Red: Agung Sasongko
Karpet di masa Dinasti Timuriyah
Foto: nazmiyalantiquerugs.com
Karpet di masa Dinasti Timuriyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Qasim Ibrahim dan Muhammad Saleh dalam Buku Pintar Sejarah Islam menerangkan wilayah-wilayah Afghanistan pernah dikuasai oleh Dinasti Timuriyah.

Dinasti Timuriyah lalu runtuh dan pecah menjadi beberapa kerajan kecil, seperti Kerajaan Herat yang mengikuti Khurasan dan dikuasai salah satu keturunan Timuriyah.

Ada juga Kerajaan Kabul dan Ghazna yang dikuasai Zhahiruddin Muhammad Babir, penguasa India pada 932 H. Kaum Shafawiyah berhasil menduduki Kandahar.

Setelah itu, Kandahar direbut Uzbeg. Namun, Mongol India merebutnya kembali 1021 H, lalu menyerahkannya ke tangan Shafawiyah pada 1038 H (1629 M).

Kaum Shafawiyah berhasil menyatukan sebagian besar wilayah Afghanistan ke dalam lingkar kekuasaan mereka. Setelah itu, muncul upaya-upaya pemberontakan untuk melepaskan diri dari belenggu Shafawiyah, seperti yang terjadi di Kandahar dan Herat.

Dalam Ensiklopedi Islam kembali dijelaskan bangsa Mongol di bawah Jengiz Khan menyerbu Afghanistan pada 1219, waktu tentara Mongol menyerbu Kota Bulkh dan Mizar Syarif, di sana terdapat seribu sekolah agama dan dari sana banyak yang mengajar dan belajar di Bukhara.

Ketika Kerajaan Mogul mulai terpecah-pecah, muncul banyak kota yang berdaulat di Afghanistan. Sampai awal abad ke-17, terjadi peperangan antarsuku dan suku-suku yang bertikai baru dapat bersatu pertama kalinya pada 1747 di bawah pimpinan Ahmad Syah Durrani.

Perang saudara terjadi lagi pada 1819 dan berakhir pada 1835 ketika Dost Muhammad Khan dapat menguasai Afghanistan dan mengangkat dirinya menjadi emir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement