Selasa 10 Oct 2017 11:39 WIB

Manfaat Habbatussauda untuk Pengobatan

Jinten
Foto: pixabay
Jinten

REPUBLIKA.CO.ID, Semakin berkembangnya pengobatan modern seringkali membuat kita mengabaikan pengobatan ala Rasulullah SAW. Padahal, nabi memberikan sejumlah resep yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit.

Jintan hitam atau Habbatussauda (Nigella sativa) merupakan salah satu obat yang sering digunakan Rasullullah SAW. Tanaman ini ditemukan di seluruh India dalam bentuk semak-semak, dengan bunga biru, dengan ketinggian sekitar setengah meter. Jintan hitam ini awalnya berasal dari Turki dan Italia, dan dibawa ke India oleh dokter untuk dibudidayakan. Benihnya berwarna hitam dan berbentuk segitiga, memiliki bau tajam, dan mengandung sejumlah minyak.

Tidak benar jika orang Arab mengetahui manfaat Jintan hitam dari orang Yunani karena sebelum kemunculan Islam, tidak ada catatan penggunaannya. Penggunaan terapeutiknya dimulai setelah Nabi Muhammad SAW menyebutkan khasiatnya dan potensinya untuk metode penyembuhan. Abu Hurairah menyatakan,

"Saya telah mendengar Rasulullah (SAW) mengatakan bahwa ada obat untuk setiap penyakit dalam benih hitam kecuali kematian" kata Khalid Ibn Sa`ad.

Ia bercerita pernah bepergian dengan Ghalib Ibn Jabr saat dia (Ghalib) jatuh sakit selama perjalanan. Ibnu Abi Ateeq (keponakan dari Ayesha) datang untuk menemuinya. Saat melihat Ibn Sa'ad kebingungan, Ibnu Abi mengambil lima atau tujuh biji hitam, mengumpulkannya, mencampurnya dengan minyak zaitun dan memasukkannya ke lubang hidung (Ghalib). Ghalib Ibnu Jabr menjadi sehat dengan perawatan ini.

Ayesha mengatakan kepada mereka, bahwa Nabi Muhammad SAW menyatakan, ada obat dalam benih hitam untuk semua penyakit kecuali sam. Saya bertanya kepadanya, "Apa itu sam?" Dia berkata, "Kematian".

Manfaatnya antara lain menghilangkan penyumbatan pada bagian manapun dari tubuh, mengusir gas dan menguatkan perut. Selain itu bermanfaat mengobati flu dan cacingan.  Minyaknya bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Jika direbus dalam air bisa pula mengobati asma. Manfaat lainnya, menghilangkan efek racun dari sengatan lebah, migrain, kelumpuhan wajah, diabetes.

Jika dalam bentuk serbuk, Jintan hitam bisa diminum dengan air untuk mengobati wasir. Jika direbus dalam cuka dan dioleskan ke gidi dan gusi bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit pada gusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement