Jumat 06 Oct 2017 17:43 WIB

Istana Siak, Bukti Kejayaan Arsitektur Islam Melayu

Rep: c62/ Red: Agung Sasongko
Istana Siak
Foto: Kaskus
Istana Siak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain bangunan utama, di dalam Istana Siak juga terdapat beberapa bangunan sebagai fasilitas penunjang. Di antaranya, ada bangunan Istana Baru, Istana Panjang, Istana Limas, Gardu Lama, dapur, dan kolam istana. Untuk Istana Baru, lokasinya ada di sebelah barat bangunan utama. Bangunan ini didirikan pada masa sultan yang terakhir.

Denah dasar bangunan ini berbentuk segi empat dengan ukuran 19 m x 15,7 m. Istana Baru ini memiliki enam ruangan, ruang depan, ruang tamu, ruang kerja, ruang makan, dan dua ruangan kamar tidur.

Istana Baru ini dilengkapi dengan selasar yang ada di sebelah kiri yang fungsinya untuk menatap bintang-bintang yang bertebaran di langit. Di selasar inilah keluarga raja bercerita dan tak jarang bercengkerama bersama.

Sementara, untuk Istana Panjang, fungsinya tidak begitu berarti, Istana Panjang ini sekarang isinya hanya tinggal lubang-lubang bekas tonggak yang terletak di sebelah timur bangunan utama masjid. Berdasarkan penuturan keluarga sultan, dahulu istana ini terbuat dari kayu.

Untuk Istana Limas, sekarang bentuk bangunannya sudah tidak ada, istana ini juga dulu terbuat dari kayu. Sama halnya dengan Gardu Lama yang memiliki bentuk silinder ini diameternya berukuran tiga meter dengan satu buah pintu di depan berbentuk kubah yang letaknya berada di sebelah kiri bangunan istana baru.

Karena, dulu fungsi bangunan ini cukup pribadi untuk bangunan dapur dan kolam renang terletak di belakang kanan bangunan istana baru. Namun, sekarang ini yang masih tersisa adalah bagian dinding saja yang terdiri atas tiga ruangan berjajar.

Bangunan ini relatif kurang terawat dan sekarang difungsikan sebagai gudang. Di depan dapur istana ini terdapat kolam istana berbentuk bulat dengan diameter 5,3 m dan tinggi fondasi 40 cm. Adapun, ketebalan dinding sekitar 26 cm.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement