Selasa 03 Oct 2017 17:30 WIB

Desain Masjid City Kinabalu Terinspirasi Masjid Nabawi

Rep: c62/ Red: Agung Sasongko
Masjid City Kinabalu
Foto: wikipedia
Masjid City Kinabalu

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Jika dilihat dari desain arsitekturnya, Masjid City Kota Kinabalu terinspirasi pada Masjid Nabawi Madinah, situs paling suci kedua dalam Islam setelah Masjid al-Haram, Makkah Arab Saudi. Adapun yang membedakannya hanyalah paduan warna pada kubah dan empat menara.

Untuk kubah pada Masjid Raya Kinabalu ini diberi warna biru, sementara menaranya diberi warna kuning emas. Syahdan, ketika malam dominasi dua warna mengilat-ngilat di atas air kolam laguna (laut buatan) yang mengelilinginya.

Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kota Kinabalu, bahkan mungkin yang paling indah di Malaysia karena masjid ini memiliki laguna buatan manusia yang mengelilinginya memberikan tampilan tenang dan cantik serta romantis pada masjid, apalagi ketika malam bulan purnama. Untuk itu, Masjid Kota Kinabalu menjadi pusat percontohan di Malaysia.

Berdiri di atas tanah seluas 2,47 hektare di Teluk Likas, masjid ini mampu menampung sekitar 12 ribu jamaah secara bersama dalam satu waktu. Masjid dengan arsitektur kontemporer Islam ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas. Selain fasilitas tempat shalat dan doa, masjid ini juga memiliki tiga madrasah, perawatan klinik, dan beberapa spot untuk ATM.

Di antara beberapa fasilitas yang terdapat di masjid, hanya ruangan utama yang memiliki luas paling besar. Luasnya ruangan ini sudah terlihat ketika berada di lobi utama masjid yang dilapisi lima pilar dengan lengkungan yang saling menyambung. Lengkungan-lengkungan ini jika dilihat dari kejauhan seperti lipatan gorden yang bergelombang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement