Jumat 29 Sep 2017 19:30 WIB

Aceh Paparkan Potensi Pariwisata Halal

Masjid Raya Baiturahman Aceh.
Foto: Republika/Tahta Aidila
Masjid Raya Baiturahman Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah memaparkan potensi pariwisata halal (halal tourism) di depan delegasi Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT). Pemaparan terebut disampaiknnya dalam pertemuan IMT-GT ke 23, Ministerial Meeting ke 24, Senior Officials Meeting ke 14, Chief Ministers and Governors Forum di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis Kemarin.

"Pasar wisata halal semakin pesat di seluruh dunia, terutama di Asia, karena itu IMT GT menjadi sangat penting dalam mempromosikan pariwisata halal di Aceh," kata Nova.

Ia menjelaskan yang menjadi nilai lebih untuk pengembangan wisata halal tidak lain karena Aceh mayoritas penduduknya adalah muslim dan memiliki nilai keagamaan yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

Ia mengatakan selain untuk meningkatkan jumlah turis, pariwisata halal juga berperan penting dalam peningkatan ekonomi. Di mana dalam produk halal dan jasa, peningkatan tersebut bisa dilakukan dengan memberikan kualitas terbaik dan standarisasi sertifikasi halal.

Nova Iriansyah juga menambahkan konektivitas menjadi salah satu kunci untuk mendorong pertumbuhan tingkat ekonomi di wilayah IMT-GT, terutama dalam upaya meningkatkan pertumbuhan pariwisata dengan membuka jalur penerbangan Internasional guna mempermudah wisatawan berkunjung ke Aceh.

"Penguatan konektivitas sangat penting dalam mendukung pengembangan pasar wisata," katanya.

Ia mencontohkan apa bila ada penerbangan Phuket-Krabi-Langkawi-Sabang atau Banda Aceh akan memberikan pilihan destinasi kepada wisatawan. Selain itu juga ada penerbangan langsung dari Penang ke Banda Aceh, Kuala Lumpur ke Banda Aceh serta Singapura ke Banda Aceh serta akan ada rute baru dari Sabang ke Penang.

"Penguatan konektivitas tidak terlepas dari peningkatan infrastuktur yang berada dalam kawasan kerja sama IMT-GT dan dalam meningkatkan infrastruktur, saat ini Aceh sedang melakukan tahapan pembangunan jalan Tol Sumatera," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement