Jumat 29 Sep 2017 15:30 WIB

Masjid Agung Paris, Termegah dan Terindah di Prancis

Rep: c62/ Red: Agung Sasongko
Masjid Agung Paris
Masjid Agung Paris

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Berdiri di lahan seluas satu hektare, Masjid Agung Paris menjadi masjid termegah dan terindah di Prancis. Setiap bagian yang terdapat pada masjid tampak memancarkan keindahan secara permanen.

Sehingga, membuat masjid ini betah dan enak dipandang lama-lama. Meski hanya melihat masjid di bagian luarnya, mata sudah terasa dimanjakan oleh dekorasi menawan seperti yang terdapat pada kubah dan menara.

Masjid yang terletak di Arondisemen Ve ini didirikan setelah Perang Dunia I sebagai tanda terima kasih Prancis kepada serdadu Muslim dari koloni yang turut berperang melawan Jerman. Lantaran keberadaannya menjadi simbol negara, masjid ini diresmikan langsung oleh Presiden Gaston Doumergue pada 15 Juli 1926.

Syekh Ahmad al-Alawi, sufi asal Aljazair pendiri Tarekat Sufi Darqawiyya Alawiyya, cabang dari Syadziliyah, didaulat sebagai imam masjid pertama. Masjid Raya Paris pernah dipimpin oleh mufti Dalil Boubakeur yang juga menjabat sebagai presiden Dewan Muslim Prancis yang dibentuk pada 2002.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement