Kamis 07 Sep 2017 18:38 WIB

PPPA Daarul Quran Kirim Tim Kemanusiaan untuk Rohingya

Pengungsi Muslim Rohingya.
Foto: Dok. PPPA Daarul Quran
Pengungsi Muslim Rohingya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tragedi kemanusiaan yang terjadi di Negara Bagian Rakhine, Myanmar menggugah PPPA Daarul Qur’an melakukan aksi kemanusiaan.  Untuk membantu saudara-saudara muslim Rohingya, PPPA Daarul Qur’an akan mengirim tim kemanusiaan, dengan formasi relawan siaga kemanusiaan serta tim medis bekerja sama dengan jaringan lokal di Bagladesh.

Tim membawa amanah bantuan yang sangat dibutuhkan para pengungsi, mereka yang hidupnya tak menentu, lantaran harus pindah ke tempat satu ke daerah lain dan tinggal di kantong-kantong pengungsian.

Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur’an Tarmizi As Shidiq mengatakan, saat ini lembaganya tengah mempersiapkan perizinan untuk bisa masuk ke tempat-tempat pengungsian di Bangladesh. Bila tak ada halangan perizinan, tim direncanakan berangkat pada pekan ketiga bulan September ini. Lembaganya juga akan bekerja sama dengan sejumlah Non Government Organisation (NGO) atau organisasi non pemerintah di Indonesia.

“Kerja sama dan persatuan ini sangat penting untuk membantu Rohingnya. Semoga dalam waktu cepat PPPA bisa memberangkatkan tim ke sana,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (7/9).

Bantuan logistik, medis dan trauma healing akan diberikan kepada saudara muslim Rohingya sebagai tahap awal. Ke depan kata Tarmizi, program jangka panjang seperti pendampingan melalui dakwah Qur’an juga akan diberikan. “Karena memang itu ciri khasnya PPPA, menyelipkan nilai-nilai tahfizhul Qur’an di setiap gerakan dakwahnya,” ujarnya.

 

Sementara itu, PPPA Daarul Qur’an bersama Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an juga akan menggelar aksi kemanusiaan di Indonesia. Sekitar 24.988 santri rumah tahfizh yang tersebar di 28 provinsi dan 5.000 santri yang tersebar di tujuh Pesantren Tahdizh Daarul Qur’an se-Nusantara akan memulai do’a bersama tersebut bakda Ashar, Jum’at (8/9).

‘Do’a bersama juga akan dilaksanakan di kantor pusat PPPA Daarul Qur’an yang berloksi di Ciledug, Tangernag. Mudah-mudahan ikhtiar dan kepedulian kita semua untuk membantu saudara-saudara muslim Rohingya, kita sama-sama mengetuk pintu langit agar tragedi kemanusiaan ini segera berakhir, Aamiin,” harap Tarmizi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement