Sabtu 05 Aug 2017 14:03 WIB

Permintaan Hewan Kurban Mulai Meningkat

Hewan kurban. (Ilustrasi).
Foto: Arif Firmansyah/Antara
Hewan kurban. (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Permintaan hewan kurban, baik sapi mau pun kambing, sebulan menjelang datangnya Idul Adha mulai menunjukkan peningkatan. Salah seorang pemilik usaha penjualan hewan di Medan, Hapsa Simangunsong mengatakan, saat ini ia sudah mendapat lebih dari 20 pesanan hewan kurban.

"Pesanan hewan kurban sudah lebih dari 20 ekor sapi. Umumnya itu permintaan hewan kurban dari jamaah di masjid-masjid," katanya.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, permintaan hewan kurban akan terus bertambah sampai beberapa hari menjelang hari raya. Sedangkan untuk permintaan tertinggi biasanya terjadi pada seminggu menjelang Lebaran.

"Jumlah permintaan sapi yang sekarang masih sementara. Kalau sudah seminggu menjelang lebaran, di situ permintaan semakin tinggi," katanya.

Jumlah permintaan hewan kurban yang tinggi menjelang hari H, tak jarang harus ditolak oleh Hapsa karna jumlah hewan kurban yang tidak memadai dari peternakan. Sementara untuk hewan kurban yang dijual, Hapsa mengaku dibeli dari peternakan di Kecamatan Sawit Seberang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

"Beberapa tahun terakhir kita dapat sapi dari daerah Sawit Seberang. Dulu pernah dari Aceh, tetapi karena beberapa pertimbangan seperti jarak yang cukup jauh, dipilih yang lebih dekat saja," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement