Kamis 27 Jul 2017 06:27 WIB

Klinik Masjid AS Ini 'Rumah' Bagi Semua Pemeluk Agama

Rep: Adysha Citra R/ Red: Dwi Murdaningsih
Direktur Eksekutif MCC Medical Clinic Dr Rashid Chotani sedang berbincang dengan salam seorang pasien MCC Medical Ckinic.
Foto: dawn
Direktur Eksekutif MCC Medical Clinic Dr Rashid Chotani sedang berbincang dengan salam seorang pasien MCC Medical Ckinic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas muslim yang tergabung dalam Muslim Community Center (MCC) mendirikan sebuah klinik gratis di dalam lingkungan Masjid MMC yang terletak di Silver Springs, Amerika Serikat. Klinik bernama MCC Medical Clinic ini memberikan layanan kesehatan gratis kepada seluruh warga Amerika Serikat tanpa memandang latar belakang suku dan agama.

Sebagai klinik yang menentang diskriminasi, lobi MCC Medical Clinic selalu dipenuhi oleh orang-orang dengan latar belakang etnis yang beragam. Sebagian dari mereka bahkan tida bisa berbicara dalam bahasa Inggris sehingga harus dibantu oleh pegawai klinik yang juga berasal dari berbagai belahan dunia.

"Kami memiliki orang yang bisa berbahasa Urdu, Hindi, Bengali, Spanyol, Prancis, dan banyak lagi," ungkap Direktur Eksekutif MCC Medical Clinic Dr Rashid Chotani seperti dilansir Dawn.

Meski berdiri di lingkungan masjid, sebanyak 50 persen dari pasien MCC Medical Clinic merupakan penganut agama lain selain Islam. Chotani menilai keragaman dan perbedaan ini justru membuat para pasien merasa diterima.

"Kami melayani seluruh komunitas, tidak hanya komunitas Muslim," kata Chotani.

Meski merupakan klinik gratis, fasilitas yang dimiliki MCC Medical Clinic terbilang baik. Peralatan-peralatan medis yang dimiliki klinik ini pun sama seperti klinik-klinik lain di Amerika Serikat.

"Ini adalah klinik amal, tapi kami ingin membuat klinik ini terlihat seperti klinik lainnya di Amerika Serikat," terang dokter keturunan Pakistan ini.

Chotani mengatakan klinik yang berdiri sejak 2003 lalu ini merupakan bentuk balas budi yang bisa ia berikan kepada lingkungan sekitar. Keberadaan MCC Medical Clinic juga dinilai Chotani dapat menjadi jembatan yang kembali menyatukan ummat Muslim dengan warga Amerika Serikat pada umumnya mengingat hubungan ini mulai merenggang sejak insiden 9/11.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement