Selasa 25 Jul 2017 05:59 WIB

Masjid Shah Jahan, Destinasi Wisata Halal Pakistan

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Masjid Shah Jahan di Distrik Thatta, Provinsi Sindh, Pakistan.
Foto: Wikipedia.org
Masjid Shah Jahan di Distrik Thatta, Provinsi Sindh, Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ada 33 gerbang yang berbentuk lengkung daun sebagai pintu-pintu masuk para jamaah dari keempat sisi Masjid Shah Jahan, Pakistan. Angin dari luar dapat masuk ke dalam melaluinya.

Akan tetapi, di sejumlah sisi masjid ini juga terdapat dinding berventilasi, sehingga para jamaah tidak perlu khawatir, terutama dengan suhu di musim panas. Masjid Shah Jahan dapat menampung hingga 20 ribu orang jamaah.

Keindahan Masjid Shah Jahan semakin menawan lantaran taman-taman yang berada di sekitarnya. Di bagian depan, ada lapangan rumput yang ditumbuhi pohon-pohon, mulai dari yang bertinggi semampai hingga menjulang.

Deretan pepohonan itu mengapit kolam air mancur berbentuk persegi panjang. Permukaannya merupakan dinding yang dilapisi keramik berwarna biru jernih.

Masjid Shah Jahan berfungsi tidak hanya sebagai rumah ibadah, tetapi juga destinasi wisata halal di Pakistan. Meskipun belum ditetapkan se bagai warisan situs dunia versi UNESCO, sayang rasanya bila para pelancong me lewat kannya.

Keindahan arsitekturnya merupakan lokasi yang tepat untuk mengambil gambar. Pihak pengelola menyediakan pemandu wisata dan kerudung bagi pengunjung perempuan yang hendak masuk ke dalam masjid ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement