Senin 10 Jul 2017 22:15 WIB

Perintis Pembelajaran Tahfiz di Indonesia

Alquran
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- DR H Ahmad Fathoni Lc MA dalam artikelnya "Sejarah dan Perkembangan Pengajaran Tahfidz Alquran di Indonesia" menyebutkan, Pesantren Krapyak milik KH Muhammad Munawwir merupakan perintis pembelajaran tahfiz di Indonesia. Pesantren yang berlokasi di Yogyakarta tersebut membuka kelas khusus santri hafizul Quran pada 1900-an, yaitu era sebelum merdeka.

 

Munawwir pun membuat sebuah metode pengajaran Alquran agar santri dapat mudah menghafal kitabullah. Hampir seluruh pesantren Alquran di Jawa mempraktikkan metode pembelajaran Alquran yang dikembangkan Munawwir tersebut. "Sumbangsih KH M Munawwir dalam pelestarian Alquran di Indonesia sangat besar," ujar Fathoni.

 

Sejak dibukanya kelas tahfizul quran di Pesantren Krapyak, masyarakat pun kemudian mulai tertarik untuk menghafal Alquran. Pesantren lain pun kemudian membuka kelas yang sama. Menghafal Alquran mulai dipelajari khusus dengan serius.

 

Menurut Fathoni, eksintensi tahfizul Quran di Indonesia makin semarak saat memasuki era Kemerdekaan 1945 hingga Musabaqah Tilawatil Quran 1981. Lembaga tahfizul Quran mulai bermunculan di periode tersebut. Di antara lembaga tersebut yakni di kalangan pesantren seperti Pesentren Al 'Asy'ariyah Wonosobo, Jawa Tengah, milik KH Muntaha dan Pesantren Yanbu'ul Quran yang didirikan oleh KH M Arwani Amin Said.

 

Terdapat pula perguruan tinggi pencetak hafizul Quran seperti Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta dan Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta. Keduanya menawarkan program sarjana serta magister dan didirikan oleh Prof KH Ibrahim Hosen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement