Kamis 29 Jun 2017 20:30 WIB

Ini Sosok Saihul Basyir Wakil DKI untuk STQ Nasional 2017

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Bilal Ramadhan
Muhammad Saihul Basyir
Foto: dok pribadi
Muhammad Saihul Basyir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muhammad Saihul Basyir, pemuda kelahiran Jakarta 10 Januari 1996 yang tercatat sebagai mahasiswa aktif di Fakultas Syariah LIPIA itu, kini tengah sibuk bersiap menjadi wakil DKI Jakarta pada ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Nasional 2017 yang akan digelar di Tarakan, Kalimantan Utara. Lomba tersebut akan digelar pada 13-21 Juli 2017.

Saat diwawancara Republika.co.id, Basyir mengaku telah menghapal Alquran sejak usia 8 tahun. Sejak kecil, anak dari pasangan Mutammimul Ula dan Wirianingsih ini sudah terbiasa dengan lingkungan Qurani. Bahkan hingga kini pun, Basyir masih giat menghapal Alquran.

Setelah menginjak kuliah Basyir mulai mempelajari tafsir Alquran. Sehingga, pada helatan STQ nanti pun Basyir akan menjadi wakil DKI Jakarta untuk kategori Tafsir Alquran Berbahasa Arab. "Niat menghapal, mempelajari Alquran harus karena Allah Swt semata," ungkap Basyir.

Wirianingsih, sang Ibu mengaku sangat bangga akan prestasi yang kini diraih oleh putra ke-8 nya itu. Dia mengatakan, bukan kali ini saja Basyir mengikuti ajang Musabaqah Tilawatil Quran, dan juga meraih juara. Menurut dia, mengajarkan anak untuk bisa dekat dengan Al-quran adalah satu cara meningkatkan kesalehan pada Allah SWT.

"Alhamdulillah, dengan dekat Alquran banyak keberkahan-keberkahan yang kami dapat," jelas Wirianingsih saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (29/6).

Wirianingsih mengatakan, dia selalu menanamkan pada Basyir bahwa mengikuti lomba menghapal Al-quran bukan hanya sekadar gagah-gagahan. Namun hanya untuk mendapatkan ridha Allah SwWT.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement