Rabu 28 Jun 2017 14:25 WIB

Gaya Diaspora Indonesia Gelar Open House

Shalat Idul Adha di masjid diaspora Indonesia di kawasan Silver Spring, negara bagian Maryland, AS
Foto: VOA
Shalat Idul Adha di masjid diaspora Indonesia di kawasan Silver Spring, negara bagian Maryland, AS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) asal Gresik Maftuchin yang sudah bertahun-tahun di Kuala Lumpur mengundang makan bersama rekan-rekannya sesama guru yang tidak mudik dan tetangganya di condominium Jalan Putra berdekatan dengan Sungai Gombak.

Sejumlah makanan khas Indonesia dihidangkan, seperti satai dan bakso. Tidak lupa dia juga menyuguhkan makanan khas Gresik, otak-otak, yang terbuat dari ikan bandeng dan kue-kue lebaran yang dihidangkan dalam stoples.

Turut hadir kawan gurunya Darma Kalbar dan Armando Harahap yang pada siang harinya menyempatkan diri ikut antre "open house" ke kediaman Perdana Menteri Malaysia Najib Razak di kompleks Putrajaya.

Ghazi, tokoh warga Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur berkumpul bersama-sama rekan-rekannya asal Bawean dan kerabatnya di tempat tinggalnya, Menara Polo Condominium Desa Pandan Kuala Lumpur. Tidak lupa mereka menghidangkan makanan khas Bawean.

Pasangan Ady Tobing dari Kota Padang Sidempuan Provinsi Sumatra Utara dan Medria Kusumadewi sebelum mudik menyelenggarakan "open house" di kediamannya sebuah kondominium, Jalan Kia Peng, kawasan KLCC Kuala Lumpur usai Salat Id di KBRI Kuala Lumpur.

Mereka juga membagi-bagikan angpau, seperti tradisi Salat Id di Indonesia yang ditaruh dalam amplop kecil-kecil.

"Jazaakumullah bude dan opung. Baru kali ini bapak-bapak dapat duit raya," ujar Ali Imron, mahasiswa asal Indonesia yang sedang S-3 di Malaysia.

Raya merupakan istilah untuk menyebut Idulfitri di Malaysia.

Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PCIM Malaysia Zulfan Haidar juga melakukan "open house" di rumahnya Jalan Taman Indah Gemilang Pinggiran Batu Caves Sri Gombak.

Zulfan merupakan guru pada International Islamic School (IIS) Malaysia yang berasal dari Yogjakarta dan sudah menetap bertahun-tahun di Malaysia.

Sekretaris KNPI Malaysia Tengku Adnan yang juga Ketua Partai Nasdem Malaysia memilih silaturahmi berkeliling ke sejumlah tokoh masyarakat Indonesia.

"Terima kasih Tengku Adnan yang sudah menyempatkan waktu silaturahmi ke rumah pada hari raya pertama. Semoga membawa berkah. Aamiin," ujar Ketua Pengurus Cabang Istimewa Muslimat (PCIM) NU Malaysia Mimin Mintarsih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement