Jumat 23 Jun 2017 22:26 WIB

Baznas Papua Barat Geliatkan Gerakan Bersedekah

Baznas
Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Papua Barang menggalakan gerakan bersedekah Rp1.000 per hari bagi umat muslim di daerah tersebut.

Wakil Ketua Bidang Pengumpulan danPendistribusian Baznas Papua Barat Sali Pelu di Manokwari, Jumat, mengatakan, gerakan tersebut sudah dimulai sejak Januari 2017.

Gerakan ini dilakukan di sejumlah masjid wilayah Kota Manokwari. Pihaknya sudah bekerjasama dengan 18 masjid dan akan terus diperbanyak.

"Hasilnya lumayan dan dana yang sudah terkumpul sesegera mungkin kami distribusikan. Kami tidak mau dana umat mengendap berlama-lama di Baznas," kata Sali.

Menurut dia, kesadaran umat dalam bersedekah harus terus didorong sebab manfaat sedekah besar terutama bagi mereka yang membutuhkan bantuan.

Dia menjelaskan, gerakan ini dilakukan dengan mengedarkan kaleng sedekah berlabel Baznas ke masjid-masjid. Pada sepekan sekali pihak mengambil dan melakukan penghitungan serta pembagian.

Selain masjid, gerakan ini akan dilakukan dengan melibatkan kios, warung makan, serta los pedagang pasar. Pihaknya berupaya, gerakan ini dapat dilakukan secara massif sehingga lebih banyak dana yang terkumpul dan lebih banyak warga miskin yang menerima manfaat dari gerakan tersebut.

Sali menjelaskan, Baznas sedang membangun kepercayaan umat muslim terhadap lembaga tersebut. Diharapkan, Baznas menjadi lembaga yang berintegritas.

"Secara internal Baznas harus bisa menjadi lembaga yang berintegritas. Manajemen harus terus diperbaiki dan mengelola dana umat secara terbuka." ujarnya lagi.

sumber : Agency
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement