Kamis 15 Jun 2017 18:19 WIB

Sinergi Foundation Luncurkan Aplikasi ZakatApp

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Bantuan Sinergi Foundation di Suriah
Foto: dok.Istimewa
Bantuan Sinergi Foundation di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sinergi Foundation resmi meluncurkan aplikasi bernama ZakatApp. Aplikasi ini dikembangkan dalam rangka upaya menyajikan kemudahan layanan berbagi khususnya zakat, Infak-sedekah dan dana filantropi Islam lainnya.

Aplikasi menjadi layanan agar masyarakat dapat menyalurkan bantuannya melalui telepon seluler (ponsel) kapanpun dan di manapun. Zakat App bisa diunduh melalui Playstore dengan sejumlah fitur antara lain: program sinergi Foundation (SF), kalkulator zakat, rekening zakat, klik donasi dan info penyaluran donasi.

Deputi CEO SF, Asep Irawan mengatakan peningkatan pengguna internet menjadi tantangan untuk pengembangan layanan bagi masyarakat dalam hal apapun. Tantangan ini dimanfaatkan SF menjadi peluang untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat menunaikan kewajibannya.

"Di lima tahun kebanyakan masyarakat membayar zakat infak sedekah dengan cara datang ke kantor. Semakin hari semakin berubah dimana yang melakukan lewat online semakin tinggi. Maka kita hadirkan sebuah layanan kemudahan yaitu Zakat App. Dimana mendapat kemudahan dari fitur yang disediakan tim dalam aplikasi ini," kata Asep dalam acara Launching Aplikasi ZakatApp di Jalan Dr. Djundjunan, Kota Bandung, Kamis (15/6).

Asep menjelaskan para muzaki sudah tidak lagi memiliki alasan kesusahan berderma. Karena bisa berdonasi kapanpun dan dimanapun lewat ponsel. Kehadiran zakatApp dinilai merupakan inovasi yang sangat penting, seiring dengan bertumbuhnya minat masyarakat muslim menyalurkan zakat, infak dan sodaqohnya. Sehingga, masyarakat membutuhkan wadah yang memudahkan mereka berbagi pada sesama.

Menurutnya lewat aplikasi ini, masyarakat tidak hanya dimudahkan dalam penyaluran zakatnya. Tapi juga menjadi salah satu media edukasi tentang zakat. Ia menuturkan ZakatApp terdapat fitur menghitung zakat. Sehingga masyarakat dapat menghitung zakatnya sendiri sesuai dengan kemampuan penghasilannya.

"Ada fitur kalkulator zakat, selama ini orang kebingungan berapa dia harus ngeluarin zakat. Lewat aplikasi ini sangat jelas penghasilan berapa maka zakatnya wajin berapa," kata dia .

Dengan diluncurkannya aplikasi ini, Asep menyebutkan SF menargetkan penghimpunan zakat pada Ramadhan ini sekitar Rp 7,3 miliar. Dana ini akan disalurkan lewat berbagai program SF yang juga bisa dilihat secara transparan oleh masyarakat dalam aplikasi ZakatApp.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement