Jumat 09 Jun 2017 14:01 WIB

TGB: Takwa adalah Pembicaraan Paling Inti dalam Islam

Rep: Muhyiddin/ Red: Ilham
 Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi.
Foto: Republika/Prayogi
Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), M Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang memberikan ceramah dalam pelaksanaan shalat taraweh di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (8/6), malam. Dalam ceramahnya, ia menyampaikan bahwa takwa merupakan pembicaraan paling inti dalam agama.

"Pembicaraan tentang takwa adalah pembicaraan yang paling inti di dalam agama kita. Karena itu lah wasiat dari Allah SWT yang berulang-ulang disebut oleh Allah di dalam Alquran dalam beragam konteks," ujarnya.

Begitu juga dengan Nabi Muhhamad SAW, juga memperingatkan agar mempedomani perintah Allah untuk bertakwa. Karena itu, tak heran pula jika dalam kitab-kitab karangan ulama terdahulu juga banyak yang mengulas tentang takwa.

"Khutbah-khutbah dari guru-guru kita itu juga penuh dengan bahasan-bahasan tentang takwa kepada Allah SWT, takwa dari sisi definisinya, dari sisi fungsinya, dan dari beragam perspektif bagaimana kita bisa mendekati kata takwa itu," ucapnya.

Ia menambahkan, takwa harus menjadi bekal manusia untuk hidup bahagia dunia dan akhirat. Menurut dia, hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 197. "Berbekallah, dan sebaik-sebaik bekal itu adalah takwa kepada Allah SWT," katanya mengutip dari Alquran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement