Jumat 09 Jun 2017 13:13 WIB

Dompet Dhuafa: Kewajiban Zakat Sesuai Pancasila

zakat
zakat

REPUBLIKA.CO.ID,

JAKARTA -- Direktur Utama Dompet Dhuafa Imam Rulyawan mengatakan kewajiban umat Islam untuk membayarkan zakat sesuai dengan Pancasila, terutama sila kedua dan sila kelima.

"Zakat sesuai dengan (sila)Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab karena berdasarkan pada kepekaan sosial untuk membantu saudara sesama Muslim yang membutuhkan," kata Imam dihubungi di Jakarta, Juma (9/6).

Selain itu, zakat fitrah juga sesuai dengan sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia karena kewajiban berzakat dimaksudkan agar sesama umat Islam bisa merasakan kegembiraan saat hari raya Idul Fitri. Zakat merupakan ibadah sosial yang bersifat "hablumminnas" atau hubungan sesama manusia.

Imam mengatakan, zakat merupakan ibadah wajib bagi umat Islam. Sebagai umat Islam yang hidup dan tinggal di Indonesia, maka juga wajib melaksanakan Pancasila.

Umat Islam membayar zakat karena itu merupakan perintah Allah SWT, sesuai dengan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Karena itu, zakat merupakan ibadah yang juga dijiwai nilai-nilai Pancasila.

"Karena itu, selain karena perintah Allah, umat Islam di Indonesia yang berjiwa Pancasila tentu akan membayar zakat. Saya Indonesia, saya Pancasila, saya membayar zakat," tuturnya.

Dompet Dhuafa sebagai salah satu lembaga amil zakat, infak dan sedekah mengalokasikan zakat yang dihimpun ke dalam empat bidang, yaitu kesehatan, ekonomi, pendidikan dan sosial lingkungan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement