Kamis 08 Jun 2017 16:07 WIB

Program Duta 1.000 HPK Tingkatkan Kualitas Gizi Ibu dan Anak

Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan di Cianjur, Jawa Barat
Foto: PKPU
Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan di Cianjur, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Program Duta 1.000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) adalah program yang dirancang untuk mendukung program pemerintah Republik Indonesia dalam gerakan sadar gizi dalam rangka Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). Melalui pendidikan gizi secara tepat dan benar ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas asuhan gizi ibu dan anak.

Salah satu duta sekaligus Ketua Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI ) Kabupaten Cianjur Liste Zulhijwati mengungkapkan, program Duta 1.000 HPK ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama ibu dan anak di Kabupaten Cianjur. Program ini sangat terkait dengan  kebutuhan pertumbuhan, pekembangan gizi, dan pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat.

"Dan besar harapan saya agar kegiatan ini dapat berdampak terhadap penurunan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Cianjur," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (8/6).

Untuk itu menurutnya, perlu dukungan agar program 1000 HPK ini dapat berjalan dengan baik dan didukung oleh semua elemen masyarakat. Sehingga lebih banyak edukator dan fasilitator di kabupaten Cianjur yang dapat langsung menjangkau masyarakat disekelilingnya.

Penyusunan program Duta 1.000 HPK melalui proses edukasi berjenjang dengan melibatkan para ahli dari PDGMI, IDAI, POGI dan IBI. Program Duta 1.000 HPK ini memberi edukasi kepada tenaga kesehatan (bidan) dan kader Posyandu. Para bidan dan kader Posyandu ini nantinya melakukan monitoring kepada para ibu dan anak selama 1.000 hari pertama kehidupan anak.

 

Duta 1.000 Hari Pertama Kehidupan

Para Bidan dan kader Posyandu yang merupakan Duta 1.000 HPK akan mendapatkan pelatihan terkait dengan pentingnya gizi dalam 1.000 hari pertama kehidupan, kehamilan yang sehat dan tumbuh kembang anak. Setiap duta yang sudah melewati pelatihan akan melatih 20 bidan, selanjutnya setiap bidan tersebut akan melatih 10 fasilitator sehingga informasi mengenai pentingnya 1.000 hari pertama kehidupan tersebar secara luas dan tepat.

 

Hingga saat ini terdapat 1.061 bidan edukator terlatih dan 448 kader fasilitator yang tersebar di 23 kota atau kabupaten se-Jawa Barat. Menurut .data terakhir terdapat 48.275 ibu hamil di wilayah Jawa Barat yang terlibat dalam program Duta 1.000 HPK. Diharapkan keterlibatan para ibu dapat meningkatkan status gizi ibu dan anak serta menurunkan angka kematian pada ibu dan anak.

 

Tentunya, program ini berjalan atas adanya dukungan dari stakeholder lokal, baik dinas kesehatan maupun ikatan bidan kota atau kabupaten setempat. Program Duta 1.000 HPK digagas oleh Danone Ecosystem dengan menggandeng PKPU Human Initiative sebagai mitra lapangan. Diharapkan kegiatan ini dapat mewujudkan penguatan kesadaran dan komitmen setiap warga masyarakat terhadap pentingnya masa 1.000 hari pertama kehidupan. Lebih jauh, melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan status gizi ibu dan anak  dalam masa 1.000 hari pertama kehidupannya, sebagai fondasi kesehatan awal yang menentukan kesehatan di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement