Selasa 16 May 2017 09:45 WIB
Sumbangsih Ilmuwan Muslim

Salimunzaman Pelopor Penelitian dan Pengembangan Pakistan

Kota Islamabad
Foto: friendscorner.org
Kota Islamabad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepak terjang Salimunzaman Siddiqui dalam bidang sains tersebut membuatnya dipercaya menduduki posisi penting. Pada 1940, Siddiqui menjadi direktur Indian Scientific and Industrial Research (ICSIR), Kalkutta. Dia juga mendedikasikannya sebagai dosen dengan 40 siswa, di mana 38 siswanya beragama Hindu.

Ketika terjadi kerusuhan 1947 demo anti-Islam, siswanya melindungi dia dalam perjalanan pulang dari laboratorium hingga ke rumah. Pada 1948, dia dipanggil oleh Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru dan mendapat surat dari PM Pakistan Liaquat Ali Khan untuk mengabdi di Pakistan.

Pada 1951, di Pakistan Siddiqui mendirikan banyak laboratorium di bawah lembaga Dewan Penelitian Ilimiah dan Industri Pakistan. Laboratorium di antaranya berada di Lahore, Dacca, Rajshahi, Chittagong, dan Peshwar.

Dia pun menjadi pelopor penelitian dan pengembangan di Pakistan. Pada 1961 dia mendirikan Dewan Ilmu Pengetahuan Nasional Pakistan (PSCIR) dan ditunjuk sebagai ketua pertama.

Pada tahun yang sama, dia menjadi anggota The Royal Society dan mendirikan Akademi Ilmu Pengetahuan Pakistan dan India. Dia pensiun pada 1966 dari PSCIR dan mulai bekerja di lembaga peneilitian pascasarjana Karachi Hussain Ebrahim Jamal.ed: nashih nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement