Senin 15 May 2017 21:43 WIB

Makna Filosofis Desain Masjid Education Center

Masjid Education Center Qatar
Foto: Pinterest
Masjid Education Center Qatar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makna filosofis juga muncul dari desain aliran air yang terdapat pada bagian bawah dan sisi-sisi ruang utama masjid ini. Ada empat aliran air dari kebun-kebun yang menghiasi sekitar masjid. Aliran-aliran air ini juga melalui bagian bawah masjid ini. Bila dilihat dari luar, ruang utama Masjid Education City dipagari kebun-kebun bunga yang indah. 

Dari sanalah hulu keempat aliran air tersebut. Empat aliran air ini menyimbolkan macam-macam minuman di sungai surga sebagaimana ajaran Islam, yakni anggur, susu, madu, dan air jernih. Sebab, kebun tersebut melambangkan keindahan surga. Hal ini akan mengingatkan pengunjung pada ayat-ayat Alquran yang berulang kali menyebutkan bahwa Allah SWT menciptakan surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai.

Di bagian luar Masjid Education Center, terdapat dua menara setinggi 90 meter. Namun, bentuknya tidak seperti menara pada umumnya. Keduanya tampak seperti sepasang cula raksasa berwarna putih yang mengarah ke Masjid al-Haram di Makkah sebagai kiblat shalat. Secara keseluruhan, penampakan Masjid Education Center memanfaatkan gaya modern kontemporer, tetapi dengan menyelipkan simbol-simbol khas Islam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement